Pasific Pos.com
Papua Selatan

Nelman Ajak Peserta Unduh Aplikasi Mobile JKN

MERAUKE,ARAFURA,-PrimareCare atau yang dikenal P-Care adalah aplikasi yang biasanya digunakan khusus bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Dengan penggunaan aplikasi P-Care, petugas yang melayani di FKTP akan merasa dimudahkan dalam mengakses data yang berada di server BPJS Kesehatan. Penggunaan aplikasi P-Care ini juga bermanfaat ketika ada peserta yang ingin berobat di luar FKTP terdaftar.

Jika peserta tersebut telah terdaftar pada aplikasi PrimaryCare BPJS Kesehatan, dimanapun ia berobat maka otomatis semua datanya sudah terintegarsi pada semua layanan kesehatan di FKTP. Aplikasi ini juga diperuntukan seperti input data pasien yang dirawat di FKTP, cek laboratorium, rujuk konseling, serta aktifitas lainnya yang dilakukan di FKTP. Saat ditemui tim Jamkesnews Senin lalu pada salah satu pertemuan yang dilaksanaan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Nelman yang bekerja di Puskesmas Karang Indah Merauke yang ditugaskan sebagai Petugas entri aplikasi P-Care mengemukakan bahwa dirinya bertugas untuk membantu peserta yang terdaftar disana dalam hal mengganti dan mencetak kartu peserta.

Nelman yang dengan tulus juga sebagai perpanjangan tangan dari peserta dan puskesmas Karang Indah diberikan kepercayaan demi memenuhi kebutuhan peserta dalam memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh kepada peserta dan masyarakat. “Selain menggunakan Aplikasi P-Care untuk membantu peserta di Puskesmas, saya juga biasanya mendampingi perawat setempat guna untuk melayani para pasien di polio, Pustu, dan PTM,” tutur Nelman.

“Disela-sela waktu yang digunakan untuk melayani peserta, saya pun tidak lupa untuk mengedukasi peserta tentang pentingnya mengunduh aplikasi Mobile JKN pada handphone melalui playstore dan appstore sehingga peserta tidak lagi khawatir ketika ia lupa membawa kartu karena bisa menggunakan kartu KIS Digital yang ada di handphone. Saya juga bisa mendapatkan layanan informasi peserta dan kemudahan-kemudahan lain yang bisa didapat ketika ia mengunduh aplikasi Mobile JKN,” pungkasnya.