Pasific Pos.com
Papua Barat

Musrenbang di Distrik Tanah Rubuh Diikuti 24 Kampung

Manokwari, TP – Pelaksana tugas harian (Plh) Sekda Kabupaten Manokwari, Wanto menekankan agar semua kepala kampung mengikuti musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) yang dilaksanakan disetiap distriknya.

“Semua kepala kampung wajib mengikuti musrenbang distrik. Karena usulan pembangunan di kampung-kampung yang dibutuhkan masyarakat wajib diketahui dan disampaikan dalam musrenbang,” jelas Wanto saat membuka musrenbang Distrik Tanah Rubuh di Kantor Distrik Tanah Rubuh, Kamis (22/2).

Wanto mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak bertanggung jawab bila usulan program pembangunan dari kampung ada yang tidak terakomodir karena kepala kampungnya yang tidak mengusulkan dalam forum musrenbang.
“Program yang diusulkan akan dimuat dalam aplikasi e-planning dan e-budgeting, sehingga tidak bisa dirubah-rubah,” kata Wanto.

Wanto berharap semua kepala kampung memanfaatkan musrenbang sebagai wadah untuk menyampaikan program pembangunan dari masing-masing kampung.

Musrenbang Distrik Tanah masih diikuti 24 kampung, meski ada 2 kampung yang sudah menyatakan sikap bergabung ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari Selatan (Mansel).

“Musrenbang tahun ini masih diikuti 24 kampung, karena selama belum ada administrasi dari pemerintah pusat maka mereka masih tercatat sebagai bagian dari Pemkab Manokwari,” ujar Kepala Distrik Tanah Rubuh, M. Situmorang. [SDR-R3]