Pasific Pos.com
Papua Tengah

Mubes Adat Wate Sukses, Kepala Suku Diterima Masyarakat

NABIRE – Sesuai harapan, maksud dan tujuan dihelat Musyawarah Besar (Mubes) Adat Suku Wate untuk pertama kalinya di Kabupaten Nabire yang dilaksanakan Selasa, 13 Februari 2018 kemarin telah berjalan sukses, aman dan demokratis serta terpilihnya Kepala Suku Besar Umum Wate secara definitif, Alex Raiki.

Dengan terpilih dan telah dilantiknya Alex Raiki sebagai Kepala Suku Wate oleh Ketua Dewan Adat Papua, yang diwakili langsung John NR Gobay, selanjutnya secara umum dapat diterima masyarakat Wate, khususnya dan semua pihak yang ada di daerah ini.

Pelaksanaan Mubes bertemakan ‘Biarkan Kami Berdiri Tegak Diatas Tanah Leluhur yang Dititipkan’ dengan harapan membawa yang terbelakang menjadi terdepan, yang tertinggal dan hampir hilang dari sebuah peradapan di atas tanah Papua untuk dikembalikan ke dalam rancangan besarnya yang telah dibuat bahkan sebelumnya dunia ini dijadikan, kiranya menjadi mitra pemerintah dalam pembanguan dengan berbagai cara dan hal, sehingga suku besar Wate di kota ini senantiasa mampu menjadi saluran berkat bagi seluruh masyarakat Nabire yang kita cintai.

Hal ini seperti harapan disampaikan Bupati Nabire, Plt Kepala Suku Wate, Daniel Wandiwa dan Ketua Panitia Mubes Adat Suku Wate Otis Money dan kembali ditegaskan kepala suku besar umum Wate terpilih, Alex Raiki, dalam wawancara dengan media ini.

Dikatakan, hal perspektif terhadap pembangunan masyarakat Kabupaten Nabire kedepan untuk melangkah bersama membangun Nabire nantinya. Pemerintah Kabupaten Nabire sebagai wakil Tuhan dalam membangun tetap menyertakan di dalamnya pihak masyarakat adat sebagai respesentasi kultural dan penjaga kearifan lokal.

Ini momentum kebangkitan masyarakat suku besar Wate, terang Alex Raiki, usai Mubes kemarin, untuk mengambil peran lebih banyak lagi bersama pemerintah dan gereja untuk membangun, mencerdaskan dan mensejahterakan Kabupaten Nabire ini kedepannya.

Pada kesempatan itu, selaku Kepala Suku Besar Umum Wate, ia tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung pelaksanaan Mubes Adat Suku Wate tersebut, dengan harapan dimasa kepemimpinan mendatang secara khusus masyarakat Wate dan secara umum warga Kabupaten Nabire dapat mendukung dan membantunya dalam menjalankan amanat dimaksud.(wan)