Pasific Pos.com
Papua Barat

MSG Sahkan Panduan Kriteria Keanggotaan

Manokwari, TP – Melanesian Spearhead Group (MSG) atau Kelompok Persaudaraan Antar Negara dan Bangsa Melanesia telah menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Port Moresby, Papua New Guinea, 10-15 Februari 2018.

Direktur Eksekutif LP3BH Manokwari, Yan C. Warinussy, SH menyebutkan, agenda penting, antara lain mengesahkan panduan tentang kriteria keanggotaan MSG yang menurut informasi mengatur tentang status keanggotaan MSG.
Lanjut dia, status keanggotaan MSG, baik yang berbentuk negara, seperti Papua New Guinea (PNG), Fiji, Vanuatu, dan Kepulauan Salomon, maupun yang berstatus bukan negara, seperti FLNK atau Front Pembebasan Rakyat Kanak dari Kaledonia Baru.

Ia mengungkapkan, United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) saat ini berstatus anggota peninjau (observer member) dalam MSG dan berlangsung sejak 2013 pada KTT MSG di Honiara, Islands Salomon.

Ditambahkan Warinussy, suatu kemajuan atau yang cukup positif yakni disahkannya panduan yang membuat kriteria keanggotaan MSG pada KTT di PNG dan mendapat sambutan positif pimpinan ULMWP, seperti Ketua Benny Wenda dalam sambutannya yang dirilis ke publik pada 17 Februari 2018, sebagaimana dirilis www.tabloidjubi.com dan www.satuharapan.com, sungguh luar biasa.

“ULMWP harus memberi sosialisasi informasi dari tangan pertama kepada rakyat Papua melalui komponen-komponen perjuangan politik yang menginisiasi pembentukkannya dari awal (PNWP, NRFPB, dan WPNCL) serta berkonsolidasi penuh dan serius dengan semua komponen perjuangan lain yang tidak termasuk dalam inisiator pembentukan ULMWP, seperti PDP dan lain-lain. Rakyat Papua harus mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas campur tangan dan perkenaan-Nya ini,” ungkapnya dalam press release yang diterima Tabura Pos, kemarin.

Ia menegaskan, dukungan atas langkah dan perjuangan rakyat Papua dalam upaya memperoleh hak menentukan nasib sendiri melalui wadah ULMWP dengan dukungan solidaritas rumpun ras Melanesia melalui MSG, harus dijaga, dipupuk, dirawat, dan diteruskan. [FSM-R1]