Pasific Pos.com
Papua Selatan

Mobil Pintar Tersebar Di Sepuluh Provinsi

MERAUKE,ARAFURA,-Pj.Unit Pemasaran Askrindo Cabang Merauke, Hendy Sukma mengemukakan bahwa mobil pintar saat ini sudah tersebar di 10 provinsi di Indonesia antara lain di Sumut, Bengkulu, DKI Jakarta, Jakarta Barat, Yogyakarta, NTB, Kalteng, Kaltim, Maluku, Sulsel dan di Merauke Papua. Diharapkan dengan mobil pintar maka anak-anak akan semakin gemar membaca, menulis dan berhitung.  “Adapun tujuan pemberian bantuan mobil agar terjadi pemerataan dan mobil pintar ini sudah ada di 10 provinsi, dalam hal ini terkait dengan program literasi dengan menggunakan sarana mobil keliling,”ujarnya pada penyerahan bantuan mobil pintar terkait dengan upaya membangun literasi anak-anak Papua kepada Himpaudi Merauke di Sekretariat PD Himpaudi belum lama ini.

 Adapun fasilitas yang disediakan dalam mobil pintar antara lain buku, TV, mainan edukatif dan lain-lain. Ia berharap agar mobil pintar ini bermanfaat bagi Paud di Papua khususnya di Kabupaten Merauke guna meningkatkan semangat gemar membaca bagi anak-anak. Sementara itu Ketua PD.Himpaudi Kabupaten Merauke, Hj. Anis Sururin, SD.Pdi mengemukakan bahwa penyerahan  mobil pintar ini berkat kerja sama Paud Institute, Askrindo dan Himpaudi Merauke. Pengadaan mobil pintar ini sebenarnya sudah sangat lama direncanakan namun tertunda karena diakui pihak Himpaudi harus berupaya keras untuk membangun  kepercayaan dari pihak pemberi bantuan agar benar-benar dapat terealisasi.

Mobil pintar ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengurus Himpaudi dimana penanggung jawab adalah dirinya sendiri sebagai ketua disertai dengan beberapa hak dan kewajiban. Mobil ini berfungsi sebagai alat transportasi dan sarana untuk membangun literasi bagi anak-anak Papua khususnya di Kabupaten Merauke. Oleh sebab itu untuk operasionalnya akan disesuaikan dengan jadwal rutin dimana mobil ini akan menyambangi sejumlah lembaga yang ada bahkan di masyarakat guna meningkatkan gemar membaca, menulis dan berhitung.

Pihaknya meminta dukungan Dinas Pendidikan untuk dapat mendukung program Himpaudi termasuk yang dilakukan melalui mobil pintar sehingga tetap eksis dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban-kewajiban. Kepada seluruh masyarakat, para guru dan pengawas yang akan menjadi mitra Himpaudi diminta untuk memanfaatkan operasional mobil dengan baik sehingga mampu menambah wawasan tunas bangsa yang pada akhirnya dapat membuat mereka mampu mengikuti perkembangan dunia yang semakin maju dan canggih. Lebih lanjut ia menjelaskan, pengurus Himpaudi meskipun hanya terdiri dari sejumlah orang namun tetap berupaya untuk aktif dan eksis melaksanakan pendidikan bagi anak usia dini. “Memang kami baru aktif sekitar 4 tahun namun pengurus selalu eksis melanjutkan perjuangan bersama anak usia dini,”jelasnya.