Pasific Pos.com
Kriminal

Mobil JWW Dilempari di Kampung Asei Kecil

“JWW biarlah polisi yang bekerja dan kasus itu jangan di Politisasi”

Jayapura, – Hendak melintas di jalan raya Sentani-Waena tepatnya depan Gereja Barachiel kampung Asei Kecil distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, mobil milik calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo (JWW) Selasa (6/4/18) dini hari dilempari OTK.

Belum diketahui siapa oknum pelaku yang melakukan pelemparan mobil Pazero Sport dengan nomor polisi DS 1187 AI tersebut.

Akibat dari kejadian itu mobil pribadi milik calon Gubernur Papua itu mengalami pecah kaca di bagian sebelah kiri dan sudah dilaporkan kepada pihak kepolisian setempat.

Sementara dari data yang dihimpun di bidang Humas Polda Papua menyebutkan kronologi peleparan itu terjadi sekitar pukul 01.20 WIT dimana kandidat calon Gubernur Papua yang saat itu sedang melintas dari arah Waena menuju Sentani beserta rombongan kendaraan lainnya, dengan tujuan hendak mengantar John Wempi Wetipo ke Hotel Grand Alison Sentani, namun setibanya di depan Gereja Barachiel kampung Asei Kecil tiba-tiba mobil JWW yang berada di tengah-tengah rombongan mengalami pecah kaca bagian samping kiri akibat lemparan batu, atas kejadian tersebut rombongan pengantar JWW melapor ke Polsek Sentani Timur.

Kabid Humas Polda Papua, kombes Pol AM Kamal, mengungkapkan kasus pelemparan itu sudah ditangani oleh Polsek Sentani Timur.

“Setelah menerima laporan tersebut, anggota piket jaga Polsek Sentani Timur, yang dipimpin piket Bawas Kanit Intel Polsek Sentani Timur, Bripka Priyo Edi Ohee langsung bergerak mendatangi TKP guna melakukan pencarian terhadap para pelaku,”

Kata Kamal, ada beberapa nama oknum terduga pelaku yang diketahui namun akan didalami lagi oleh penyidik.

“Saat tiba di TKP anggota melihat ada beberapa nama-nama yang ditulis di tengah jalan raya dengan menggunakan oli. Namun nantinya akan dikembangkan lagi” ujarnya.

Lanjut Kamal, sempat terjadi bersitegang atara beberapa orang massa pendukung JWW dengan salah satu warga setempat yang diduga anaknya terlibat dalam pelamparan itu namun dapat diantisipasi oleh pihaknya dengan menenangkan situasi.

“Anggota yang berada di TKP dapat menenangkan massa yang tidak terima, namun berhasil diredah dengan tujuan kasus ini biarlah pihak kepolisian yang menangani dengan hukum yang berlaku,”jelasnya.

“Sampai saat ini belum diketahui pasti siapa pelaku peleparan kaca mobil Pazero Sport milik John Wempi Wetipo (JWW) tersebut, karena beberapa anak remaja yang dicurigai sebagai pelaku pelemparan kaca mobil tersebut belum ada yang mengakui,” sambungnya.

Sementara itu John Wempi Wetipo angkat bicara, dimana dirinya membenarkan adanya aksi tersebut, namun dirinya meminta agar tidak politisasi dan kasus tersebut sudah diserahkan kepada pihak kepolisian.

“Kita tak tahu pelakunya. Jadi jangan kita tarik-tarik ke ranah politik karena kasus pelemparan ini tak bisa dibawa ke ranah politik dan tak perlulah di besar-besarkan sehingga membuat perasangka-perasangka buruk di tengah masyarakat serta dapat membuat kegaduhan. Dan kasus ini biarlah polisi yang bekerja,” ungkap John Wempi Wetipo saat di wawancarai usai pemaparan visi misi, Selasa (6/3/18) siang.

Atas peristiwa itu, lanjut Wempi, tak ada korban jiwa mau pun luka-luka. Hanya saja, satu unit mobil yang digunakan oleh saudaranya rusak di bagian kaca.

“Puji Tuhan. Kita semua aman. Saya sudah serahkan kepada pihak berwajib untuk menangani perakara itu,” katanya.

Wempi menambahkan, pihaknya sudah memaafkan siapa saja yang menjadi pelaku pelemparan.

“Yang begini kita maafkanlah. Masa kasus yang besar saja kita maafkan. Lalu seperti ini kita besar-besarkan. Lebih baik saya dan tim fokus dalam Pilgub,” paparnya.

Wempi meminta kepada massa pendukungnya untuk tak terpancing apabila ada oknum masyarakat yang melakukan provokasi di lingkungan tempat tinggalnya.

“Saya mau ajak seluruh pendukung maupun simpatisan agar kita cerdas menyikapi sebuah permasalahan. Kalau kasus hukum. Maka serahkan kasus itu kepada pihak yang berwajib,” lugasnya.