Pasific Pos.com
Papua Barat

Minimalisir Tindakan Premanisme, Digelar Operasi Bina Kusuma

Manokwari, TP – Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Rudolf A. Rodja melalui Dirbinmas Polda Papua Barat, Kombes Pol. Harri Muharram meminta Satbinmas di polres-polres lebih gencar melakukan Operasi Bina Kusuma.

Dikatakannya, Operasi ini dalam rangka mengurangi dan menghambat terjadinya kejahatan jalanan, seperti pemalakkan, pemaksaan, pengancaman, dan kegiatan serupa.

“Jadi Operasi ini untuk meminimalisir terjadinya tindakan premanisme,” kata Muharram kepada para wartawan di Polda Papua Barat, Kamis (15/2).

Dijelaskannya, sasaran dari Operasi Bina Kusuma adalah tempat-tempat keramaian dan pusat-pusat perbelanjaan, seperti pelabuhan, pasar, dan mall. Ia menerangkan, kegiatan itu harus melibatkan tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat untuk memberikan imbauan kamtibmas.

Muharram mengakui, saat ini Papua Barat semakin rawan akan obat-obatan terlarang dan kekerasan anak, sehingga peran kepolisian dalam melakukan pembinaan guna mengantisipasi hal tersebut.

“Operasi Bina Kusuma adalah jalan keluarnya, karena dengan kegiatan ini kita juga menyambangi sekolah-sekolah untuk memberikan pembinaan tentang hal dimaksud,” tambah Muharram.

Ditanya apakah Operasi Bina Kusuma bertujuan untuk mencegah masuknya paham radikalisme ke Papua Barat, Muharram mengatakan, hal itu diatur dalam program kerja, tetapi diagendakan pada Operasi Bina Waspada. “Untuk Operasi Bina Waspada, nanti kita lakasanakan sesudah Operasi Bina Kusuma,” tukasnya. [BOM-R1]