Pasific Pos.com
Papua Barat

Minggu Ini, Tahap 1 Kasus Laka Lantas yang Menewaskan Perwira Kodam XVII

Manokwari, TP – Penyidik Satlantas Polres Manokwari masih melengkapi berkas perkara kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) yang menewaskan perwira Kodam XVIII Kasuari, Kapten Inf. Handy F. Siburian, Minggu (21/1).

Berdasarkan catatan Tabura Pos, korban yang mengendarai sepeda motor Supra X ditabrak mobil operasional PT PLN Area Manokwari yang dikemudikan Fransiskus Rahayaan di Jl. Trikora, Arfai, Manokwari.

Kapolres Manokwari, AKBP Adam Erwindi melalui Kasat Lantas, AKP Sunarko menjelaskan, dalam minggu ini, pihaknya sudah bisa melimpahkan tahap 1 perkara tersebut ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari.

Diungkapkannya, selama proses penyidikan, penyidik sudah mengumpulkan bukti-bukti terkait penyebab laka lantas yang menelan korban jiwa.

“Kita sudah temukan fakta-fakta yang membuktikan jika sopir mobil operasional PLN, Fransiskus Rahayaan bersalah,” kata Sunarko kepada para wartawan, kemarin.

Ia menerangkan, berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang ada saat kejadian membenarkan apabila Fransiskus Rahayaan mengemudikan mobil dalam pengaruh alkohol, sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas, atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, Pasal 310 Ayat 4 dengan ancaman pidana 10 tahun serta denda Rp. 6 juta, dan Pasal 311 Ayat 5 dengan ancaman pidana 12 tahun dan denda Rp. 12 juta. [BOM-R1]