Pasific Pos.com
Headline

Mimika Sumbang Pasien Positif Covid-19 Tertinggi di Papua

Mimika Covid-19 Tertinggi
Info grafis perkembangan Covid-19 di Papua. Update 29 April 2020.

JAYAPURA – Jumlah pasien positif Corona di Provinsi Papua mencapai 189 orang. Ada 12 kabupaten dan kota yang menjadi tempat penyebaran COVID-19. Kabupaten Mimika dengan penderita Corona terbanyak.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua dr. Silwanus Sumule memaparkan berdasarkan data hari ini ada penambahan 11 pasien positif covid-19.
Dengan demikian jumlah total pasien positif di Provinsi Papua menjadi 189 kasus positif.

“Ada tambahan 11 kasus positif Covid-19 diantaranya Kabupaten Mimika 10 orang dan Biak Numfor 1 orang positif,” katanya dalam keterangan pers, Rabu malam.

Dikatakan, dari 189 pasien tersebut 126 orang mendapatkan perawatan di rumah sakit 68 persen. Baik itu milik Pemprov Papua, rumah sakit milik pemerintah kabupaten/kota dan rumah sakit mitra.

Sementara jumlah ODP sebanyak 4008, PDP sebanyak 267 orang dan tim Litbangkes Kementerian Kesehatan bersama – sama Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Papua telah melakukan pemeriksaan PCR sebanyak 981 sampel.

Adapun tambahan dua pasien sembuh untuk hari ini berasal dari Kota Jayapura dan Kabupaten Sarmi.

Sementara kabupaten yang berdampak akibat Covid-19 ini diantaranya, Kabupaten Mimika ada 55 pasien positif covid-19, 41 orang dalam perawatan, 11 dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia.

Kota Jayapura 44 pasien positif dengan 21 orang dirawat. Kemudian pasien sembuh di Kota Jayapura sebanyak 20 orang dan meninggal sebanyak 3 orang.

Kabupaten Jayapura 31 pasien positif, 21 orang dirawat, 9 orang dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Kabupaten Nabire 16 kasus positif dan semuanya dalam perawatan. Kabupaten Merauke, 11 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 6 dinyatakan sembuh.

Kabupaten Keerom jumlah positif 10 kasus positif, dimana 8 orang sedang dalam perawatan dan 2 orang sudah dinyatakan sembuh. Kabupaten Biak Numfor 9 kasus dan kesemuanya sementara dalam perawatan.

Kabupaten Sarmi 4 pasien positif dimana 1 orang dirawat dan 3 orang sudah dinyatakan sembuh. Kabupaten Jayawijaya terdapat 3 kasus dan 1 dirawat sembuh 2 ketiganya masih menjalani perawatan.

Kabupaten Mamberamo Tengah ada 2 kasus dan 1 dirawat dan 1 sembuh masih menjalani perawatan. Dirawat 1 orang dan sembuh 1 orang. Kabupaten Boven Digul 2 kasus dan dirawat di RSUD Merauke.

Kabupaten Supiori juga ditemukan 2 kasus positif dan semunya saat ini sudah ditujuk. RSU Biak Numfor

“Kami menghimbau kepada seluruh kabupaten/kota di Provinsi Papua agar tetap melaksanakan semua protocol kesehatan, tetapi yang ingin kami sampaikan khusus kepada masyarakat di Kab. Mimika dan kepada seluruh petugas kesehatan di Mimika uintuk secara aktif melakukan survalance. Menemukan kasus. Melakukan test. Kalau ada hasil yang positif segera lakukan terapi,”himbaunya.

Selain itu juga Satgas Covid-19 Papua meminta kepada seluruh petugas kesehatan yang berada di rumah sakit. Baik itu di rumah sakit Freeport maupun di rumah sakit RSUD Mimika untuk memberikan perhatian khusus kepada seluruh pasien – pasien yang saat ini dirawat.

“Jangan lengah, ketika sudah ada perubahan sakit. Dari yang sedang menjadi berat untuk segera melakukan tindakan pencegahan,”sarannya.

Lanjutnya Dinas Kesehatan Provinsi Papua siap memback up semua kebutuhan – kebutuhan, khususnya menyangkut APD, Rapid Test dan obata – obatan.

Artikel Terkait

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams

Kantor Pemerintahan di Papua Harus Bebas Dari Covid-19

Bams