Pasific Pos.com
Papua Selatan

Mimi Baru Juarai Lomba Intensifikasi dan Ekstensifikasi PBB P-2

MERAUKE,ARAFURA,- Kampung Mimi Baru, Distrik Jabob terpilih sebagai juara satu dalam lomba intensifikasi dan ekstensifikasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P-2) tingkat distrik, kelurahan dan kampung se Kabupaten Merauke Tahun 2017.

Untuk juara dua diraih Kampung Telagasari Distrik Kurik dan Kampung Waninggap Miraf Distrik Tanah Miring meraih juara tiga. Sedangkan untuk tingkat distrik dan keluarahan, tidak ada yang meraih juara karena tidak ada yang memenuhi kriteria lomba.

Asisten I Sekda Kabupaten Merauke, Sunarjo,S.Sos, dalam sambutannya saat acara penyerahan hadiah lomba di Aula Hotel Megaria, Kamis (18/1/18) mengatakan selain seratus persen dalam pembayaran pajak, juga dinilai dari kecepatan dalam pembagian Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dan juga pembayarannya.

Ia mengakui, salah satu kendala yang terjadi di kampung-kampung adalah objek pajaknya di kampung tetapi orangnya atau pemiliknya tidak ada di kampung. Kemudian, tingkat kesulitan dari kampung ke tempat pembayaran atau bank karena lokasinya yang jauh. Kendati demikian, diharapkan ada daya saing dari masing-masing kampung untuk bisa menjadi yang terbaik.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada aparat di kampung supaya tetap kompak, sehingga tugas terkait dengan pembagian SPPT dan juga pelayanan pemerintahan di kampung bisa dilaksanakan dengan baik. Jika aparat kampung tidak kompak, maka ini jelas akan menjadi kendala dan realisasi pembayaran pajak bumi dan bangunan tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan.