Pasific Pos.com
Info Papua

Meski Dihadang Covid-19, PAD Papua 2020 Lampaui Target

Setiyo Wahyudi, SE, MM,

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) menyebut realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2020 melampaui target yang ditetapkan sebelumnya.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Provinsi Papua MB Setiyo Wahyudi, SE, MM, mengatakan capaian realisasi PAD tahun 2020 sebesar Rp 1. 255 triliun.

Jadi, target kita PAD Papua tahun 2020 sebesar Rp 1.060 triliun sampai akhir tahun bulan, terealisasi sebesar Rp 1.255 triliun”ujar Setiyo Wahyudi.

Dikatakan, capaian ini tidak lepas kerjasama yang baik dari semua pihak dalam melakukan berbagai upaya dan inovasi dalam meningkatkan PAD meski dalam pandemi Covid-19.

“Walapun kita berada pada masa pandemi virus corona, tapi target PAD bisa dicapai, padahal kita sudah lakukan relaksasi pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan adanya relaksasi pajak ini, Wahyudi menyebut, antusias masyarakat cukup tinggi dalam membayar pajak. “Peningkatan PAD tahun 2020 juga karena PT Freepot Indonesia membayar pajak air permukaan,” ucapnya.

Setiyo Wahyudi menambahkan, Pemerintah Provinsi Papua 2021 menargetkan PAD sebesar Rp 1. 765 triliun, dan hingga bulan Februari terealisasi sebesar Rp 361 milyar. “Mudah-mudahan di triwulan 1 ini kita bisa melampaui target,” tuturnya.

Setiyo berharap agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Papua bisa menjalankan program kerja dengan optimal, agar target PAD tahun 2021 bisa tercapai secara maksimal.

Artikel Terkait

Pemprov Diminta Harus Lebih Serius Kelola Aset Daerah Yang Bisa Datangkan PAD

Tiara

Pandemi Covid-19 Pengaruhi PAD Papua

Bams