Pasific Pos.com
Papua Selatan

Merauke SkateBoarding, Tetap Eksis Meski Minim Fasilitas

Anak-anak skate bording saat beraksi (foto:ist)

MERAUKE,ARAFURA,-Merauke SkateBoarding atau yang akrab dikenal dengan sebutan SK 8 merupakan komunitas yang terdiri dari para pecintaskateboard yang ada di Kota Rusa dan sudah terbentuk sejak 4 tahun lalu. Hingga kini para skaters di Merauke tersebut masih aktif dan kerap menunjukkan kebolehan mereka pada momen-momen tertentu. Satria Dwi Pamungkas selaku koordinator lapangan kepada ARAFURA News via telepon seluler Rabu lalu mengemukakan bahwa hingga saat ini mereka masih mengalami kendala dalam hal tempat sehingga besar harapan agar merekapun bisa mendapatkan perhatian pemerintah.

Namun minimnya fasilitas tidak membuat mereka patah semangat dan tetap berupaya untuk memanfaatkan tempat-tempat yang ada, antara lain di area bandara, kapsul waktu hingga di sekitar parkiran toko. “Kami sadar bahwa resiko yang dihadapi cukup besar, tapi mau bagaimana lagi karena kami tidak punya tempat khusus. Bahkan tidak jarang kami ditegur oleh pemilik toko karena merasa keberatan area parkirnya digunakan untuk bermain skateboard,”jelasnya. Satria menjelaskan, anggota komunitas biasa bermain pada jam empat sore karena jika hari sudah mulai gelap membuat mereka kesulitan untuk melihat area yang ada.

Beda halnya dengan di kota-kota besar yang sudah memiliki skatepark lengkap dengan fasilitas lampu sehingga dapat digunakan setiap waktu, baik siang maupun malam. Setahun sekali anak-anak skateboard ini berkumpul dan menggelar acara khusus untuk memperingati Skateboarding Day Sedunia, tepatnya pada tanggal 21 Juni. Pihaknya memang belum pernah diundang secara khusus untuk tampil pada event-event tertentu sehingga komunitas ini lebih sering menggelar acara dengan cara swadaya. “Biasanya kita menggelar acara dengan memilih skater yang mampu menunjukkan performa terbaik. Untuk hadiah kami menggandeng pihak sponsor khususnya produsen dari beberapa brandtertentu,”jelas Satria. Saat ini jumlah skaters yang tergabung dalam Merauke SK 8 kurang lebih 20 orang dan dengan adanya komunitas ini diharapkan masyarakat luas dapat mengetahui bahwa di ujung timur nusantara juga ada skaters yang berbakat.

Artikel Terkait

Pelatihan Pembuatan Propeller Motor Ketek Menggunakan Tanur Crucible

Arafura News

Fauzun : Rumah Aspirasi Adalah Rumah Seluruh Masyarakat

Arafura News

Paguyuban Otomotif Merauke Siap Gelar Jambore Otomotif

Arafura News

Jun Ngedihu : Asal Punya Niat, Anak Muda Bisa Jadi Pengusaha Sukses

Arafura News

Perkenalkan Merauke Lewat Brand Lokal

Arafura News

Martinus Makime, Pemuda Papua Yang Merasakan Manfaat Sekolah Restorasi

Arafura News

Tingkatkan Minat, Peserta Sekolah Restorasi Bakal Dapat Materi Jurnalistik

Arafura News

Meski Masih Pandemi, Sekolah Restorasi Akan Berkelanjutan

Arafura News

Semarak BAF 23 Tahun, Bantu Pendidikan Anak Indonesia

Arafura News