Pasific Pos.com
Papua Selatan

Merauke Kondusif, Berkat Adanya Sinergitas

MERAUKE,ARAFURA,-Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung, SH mengemukakan bahwa kondisi wilayah Merauke yang masih tetap aman dan kondusif tidak tidak hanya disebabkan oleh kinerja dari TNI dan POLRI namun berkat adanya sinergitas dari seluruh masyarakat yang ada di daerah ini. Dengan mengadakan rapat koordinasi diharapkan ada kesamaan persepsi dalam mengamankan situasi yang berkembang akhir-akhir ini. Tentunya kita sudah mengetahui lewat media massa tentang kondisi beberapa daerah yang kurang kondusif oleh sebab itu dengan melakukan pertemuan secara rutin, baik dalam bentuk rapat koordinasi maupun coffee morning maka dapat menciptakan wilayah Merauke yang selalu aman dan kondusif.

“Kami tetap membutuhkan dukungan dari seluruh tokoh masyarakat ketika harus melakukan sebuah tindakan hukum terkait dengan adanya tindakan melawan hukum atau pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan sekelompok masyarakat. Namun sebetulnya kami tidak ingin melakukan hal tersebut karena itu merupakan langkah akhir. Langkah-langkah yang selama ini kami lakukan lebih bersifat persuasif, dialogis, humanis dan edukatif,”jelasnya pada rapat koordinasi dengan Forkopimda, FKUB, TNI, POLRI dan tokoh masyarakat dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi serta menciptakan Kamtibmas yang kondusif di aula Mapolres Senin lalu.

Lebih lanjut Kapolres mengemukakan, jika langkah yang ditempuh tersebut tidak bisa lagi digunakan maka mau tidak mau jajarannya harus melakukan tindakan preventif. Semua tindakan yang diambil selalu bersinergi dengan jajaran TNI sehingga senantiasa diback up khususnya dalam hal pengamanan. Adapun upaya preventif yang telah dilakukan adalah melakukan patroli dan razia sehingga kondisi di wilayah ini senantiasa tertib dan damai. Pihaknya juga rutin memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dalam menyikapi perkembangan situasi saat ini, dalam bentuk selebaran ke sejumlah tempat ibadah maupun lewat RRI. “Kita harus tetap tenang, jangan terpancing dan senantiasa menghargai satu sama lain. Tidak mudah terhasut berita-berita hoax,”tegas Kapolres.