Pasific Pos.com
Papua Selatan

Merauke Ajukan Realokasi Pupuk 4.400 Ton

MERAUKE,ARAFURA,- Kebutuhan pupuk subsidi untuk Kabupaten Merauke Tahun 2018 diharapkan tercukupi. Saat ini, stok pupuk di distributor kurang lebih sebanyak 2800 ton dan sementara sedang dilakukan penyaluran.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Merauke, Edi Santoso mengatakan stok pupuk yang ada kurang untuk memenuhi target luasan tanam musim gadu seluas 23.000 Ha. Karena itu, pihaknya telah mengajukan realokasi pupuk ketiga sebanyak 4400 ton.

“Surat sudah kita (kirim) ke provinsi, dan sementara masih dalam proses. Saya berharap, kebutuhan pupuk untuk musim tanam gadu terpenuhi,”ungkapnya,belum lama ini.

Dikatakan, untuk sementara di tingkat pengecer stok pupuk masih cukup dan di distributor juga masih mencukupi untuk kebutuhan Bulan Juli-Agustus. “Pupuk urea mencukupi, mungkin yang kurang untuk pupuk SP36. (Tetapi) bisa disubtitusi dengan menggunakan MPK ponska. Secara umum kebutuhan pupuk untuk tanam gadu relatif aman,”ujarnya.

Pupuk yang direalokasikan ke Kabupaten Merauke itu dari kabupaten-kabupaten lain yang penyerapannya dibawah 50 persen, tetapi secara umum untuk penyerapan pupuk di Provinsi Papua mencapai 80 persen, sehingga dalam waktu dekat pasti akan ada tambahan untuk tingkat provinsi.

Ditambahkan, realokasi pertama sebanyak 100 ton, kedua 340 ton dan ketiga 4.400. Realokasi yang ketiga ini memang lebih banyak karena untuk cadangan atau persiapan musim tanam rendengan. Jika Bulan November, ternyata penyerapannya tinggi maka akan diajukan realokasi yang keempat.

“Mudah-mudahan, sesuai janji pak direktur berapapun kebutuhan sepanjang serapannya sudah memenuhi target serapan, akan direalokasi berikutnya,”ungkapnya.