Pasific Pos.com
Info Papua

Menteri PPN/Bappenas Apresiasi Gubernur dan Wagub Papua

Dr. Wignyo Adiyoso Saat Memaparkan Program Pengembangan SDM Bappendas di sela-sela Pelatihan Manajemen Beasiswa.

JAKARTA- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas), Dr.Ir.Suharso Monoarfa mengapresiasi kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Papua, Lukas Enembe,SIP.MH dan Klemen Tinal,SE,MM, atas komitmennya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Orang Asli Papua.

“Atas nama Menteri PPN/Bappenas, saya menyampaikan apresiasi kepada bapak gubernur dan wakil gubernur Papua yang komit dan serius membangun SDM di Papua,”ungkap Dr. Wignyo Adiyoso, Ketua Kelompok Kerja Perencanaan dan Pengembangan Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas, disela-sela Pelatihan Manajemen Beasiswa bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) BPSDM Papua, Kamis pagi (4/3/2021) di Hotel Morissey, Jakarta.

Menurutnya, komitmen dan keseriusan Gubernur Enembe dan Wagub Klemen Tinal itu dibuktikan dengan memasukan program pengembangan SDM asli Papua pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Keputusan ini sangat baik, karena sejalan dengan program Presiden Joko Widodo yang juga memprogramkan pembangunan SDM secara nasional. Dari presiden berganti presiden, barulah dimasa bapak Presiden Jokowi program pengembangan SDM diprioritaskan. Dan program yang sama juga di priotaskan dan gubernur dan wagub Papua. Patut diapresiasi,”ungkap Adiyoso.

Adiyoso menambahkan sesuai Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Di Provinsi Papua Dan Provinsi Papua Barat, maka Kementerian PPN/Bappenas akan memberikan pendampingan khusus kepada Pemprov Papua dan Papua Barat dalam rangka percepatan pembangunan termasuk salah satunya adalah pendidikan dan pengembangan SDM OAP.

“Kita akan beri pendampingan khusus agar Inpres ini dapat berjalan dengan baik dan tentunya membantu sistim perencanaan dan penganggaran beasiswa yang tepat, efektif dan efisien.,”kata Wignyo Adiyoso.

Kementerian PPN/Bappenas, kata Adiyoso, menyiapkan kuota 100 orang bagi PNS Provinsi Papua untuk mengikuti magang dan pelatihan yang digelar sepanjang tahun ini. Program tersebut untuk peningkatan dan pengembangan PNS Papua dalam mengoptimalkan kinerja pemerintahan.

“Kita tahu bahwa potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Papua sangat besar makanya dibutuhkan SDM yang profesional. Kita juga berharap program magang ini bisa membantu PNS di Papua dalam mengelola beasiswa, pembinaan SDM dan penyelenggaraan pendidikan dan latihan,”paparnya.

Ditempat yang sama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko A.F Rumaropen,SP,M.Eng mengatakan koordinasi dan kerjasama antara kementerian terkait dengan Pemprov Papua melalui BPSDM sangat dibutuhkan untuk program afirmasi pengembangan SDM dan pendidikan OAP.

Aryoko mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Papua juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat yang telah memberikan perhatian khusus kepada Papua dalam pengembangan SDM OAP.

“Kita berharap dengan program pemerintah pusat melalui kementerian lembaga dapat selaras dengan program Pemprov Papua sehingga upaya pemerintah dalam pengembangan SDM dan pendidikan bisa melahirkan generasi Papua yang berkarakter dan menguasai iptek,”tandas Aryoko Rumaropen.

Artikel Terkait

PON XX, Papua Adalah Miniatur Indonesia Semua Suku Ada

Afrans

Gubernur Papua Buka Chef de Mission Meeting II

Afrans

Kemendagri Keluarkan Surat Teguran Kepada Gubernur Papua Atas Kunjungan Ilegal Ke PNG

Fani

Gubernur Papua Dideportasi Oleh Negara PNG

Fani

Gubernur Papua Ke PNG Naik Ojek Lewat Jalur Tikus

Fani

Lukas Enembe Terima Penghargaan “Beritasatu Public Leader Awards”

Bams

Jamu Pangdam Baru, Gubernur Harap Kerjasama yang Sudah Berjalan Dilanjutkan

Bams

Surat Penunjukan Plt Kadis Pertanian Mamberamo Raya Oleh Gubernur, Palsu

Bams

Gubernur Diminta Lakukan Monitoring Yang Ketat

Tiara