Pasific Pos.com
Headline

Menkes : Papua Hebat, Mampu Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19

Papua Tekan Angka Covid-19

Jayapura – Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Papua dan Satgas Covid-19 atas keberhasilan menekan angka kematian akibat virus corona.

“Papua hebat mampu menekan angka kematian akibat dari dampak virus corona dengan berbagai keterbatasan alat kesehatan di rumah sakit,” ujar Menkes Terawan didampingi Menteri PMK Muhadjir Effendy dan Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan dan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo pada rapat koordinasi dengan Wakil Gubernur Klemen Tinal beserta para bupati dan Walikota, Selasa, 7 Juli 2020.

Menkes berharap, pemerintah papua akan terus mampu menekan angka kematian dan terus melakukan tracking. “Doa saya angka kematian corona di papua kecil saja terus, kalau angka positif itu tergantung tracking yang dilakukan untuk menggambarkan angka penularan virus corona di bumi Cenderawasih.

Walaupun angka positif di Papua meningkat, tetapi jauh lebih penting adalah angka kematian rendah, dan jika angka kematian hanya satu persen dari jumlah angka positif itu sudah sangat luar biasa.

“Papua luar biasa, kita bisa bayangkan degan kondisi infrastruktur rumah sakit yang seadanya ternyata mampu menekan angka kematian, dan saya harapkan bisa dipertahankan terus,” ujarnya.

Menkes Terawan melihat, semangat pemerintah Provinsi Papua, Satgas Covid-19 dan semua stakeholder lainnya, tentu penanganan dan penanggulangan wabah virus corona ini akan lebih baik lagi kedepan.

lanjutnya, upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memutus tali persebaran virus corona atau COVID-19. Salah satunya adalah dengan contact tracking.

Contact tracking merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang tengah terjadi yang dilakukan oleh petugas kesehatan.

Ya, saya pikir tracking harus dilakukan terus untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan penderita virus corona, yang juga akan memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas.

Menkes juga mengapresiasi kinerja para dokter dan petugas kesehatan di wilayah papua. “Saya sampaikan penghargaan sebesar-besarnya kepada seluruh dokter dan petugas kesehatan yang telah menjadi garda terdepan dalam menangani penyebaran virus corona di Tanah Papua,” pungkasnya.

Artikel Terkait

Wagub : Tak Taat Protokol Kesehatan, Calon Kepala Daerah Didiskualifikasi Saja

Bams

Bupati se Papua Diminta Terbitkan Perbup Disiplin Protokol Kesehatan

Bams

Pegawai Terpapar Corona, Kantor Bappeda Papua Ditutup

Bams

Kemenkes Turunkan Tim, Pantau penanganan Corona di Papua

Bams

PMI Papua Terus Berupaya Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Bams

Polres Waropen Akan Lebih Pertekat Protkes

Afrans

Tindak Lanjuti Inpres No.6, Pemda Waropen Gelar Rapat Internal

Afrans

Alami Defisit, Proyek Besar di Papua Ditunda

Bams

Pemuda Papua Jadi Agen Perubahan Covid-19

Bams