Pasific Pos.com
Papua Tengah

Menjaga Hasil Laut, Kampung Wajib Bentuk Pokmaswas

NABIRE – Untuk menjaga hasil laut di wilayah hukum adat atau batas pemerintahan di tiap kampung, perlu dibentuk Kelompok Masyarakat Pengawasan (POKMASWAS) di tiap kampung, dimana tugas anggota Pokmaswas bukan saja menjaga wilayah batas laut tetapi juga menjaga kebersihan laut atau lingkungan wilayah pantai.

Dan kepada tiap Pokmaswas yang ada di Kabupaten Nabire diminta juga untuk mengawasi setiap nelayan yang pulang mancing agar selalu mendaratkan perahu serta hasilnya di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Sanoba yang selanjutnya ditimbang dan dijual.

Sehingga fungsi pembangunan sarana PPI Sanoba itu benar-benar dapat bermanfaat atau digunakan oleh para nelayan, untuk itu kepada para anggota Pokmaswas yang ada di Nabire ini benar–benar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Dikatakan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Drs FX Mote, M.Si saat pertemuan bersama para Nelayan dan anggota Pokmaswas di seputar Pantai Smoker, Sabtu (17/2) menambahkan, Pokmaswas bukan saja dibentuk di kota, akan tetapi Pokmaswas harus dibentuk di setiap kampung yang ada di pesisir dan kepulauan.

Dan kepada semua Pokmaswas yang telah terbentuk juga akan diberikan perhatian langsung dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua tetapi juga dari kabuapten/kota masing-masing. Untuk itu, para petugas Pokmaswas harus dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Karena direncanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama, Pokmaswas Kabupaten Nabire akan mewakili Provinsi Papua untuk mengikuti kegiatan Pokmaswas tingkat Nasional dengan demikian setiap anggota Pokmaswas harus berlatih dengan baik dan paling tidak harus tau berenang.

Sebab mulai di tahun 2017 ini ada bantuan dan perhatian berupa alat-alat peralatan yang sangat lengkap dalam rangka membantu tugas-tugas bagi Pokmaswas di kampungmasing-masing yang telah terbentuk Pokmaswasnya di wilayah Kabupaten Nabire.(erens rumbobiar)