Pasific Pos.com
Papua Tengah

Menjadi Pejabat, Hasil Didikan Seorang Guru

DEIYAI – Berbagai pejabat yang ada di Papua adalah hasil didikan seorang guru, tugas seorang pendidik memang sangat luar biasa. Tanpa melalui didikan guru tidak akan mungkin menjadi pejabat. “Kita akui tugas seorang guru yang mulia. Semua pejabat yang bertugas di Deiyai maupun pejabat yang ada dimana-mana di Papua adalah hasil didikan seorang guru, baik guru yang berNip maupun guru honorer di Papua,” kata Marten B, menanggapi aksi demo yang dilakukan para guru honor di halaman Kantor DPRD Deiyai, pada 13 Februari 2018 di Tigido.

Dia juga mengakui, menjadi pejabat adalah salah satu hasil didikan dari seorang guru, maka dirinya memberi ucapan jempol atas tugas seorang guru. Karena tanpa didikan guru mana mungkin bisa menjadi seorang pejabat. Anak-anak yang sedang terima didikan dari seorang guru di sekolah juga nantinya akan menjadi seorang pejabat.

“Kita bicara pembangunan, kita perlu persiapkan SDM dulu. Karena untuk menjadi manusia yang punya kemampuan atau berkwalitas, tentu salah satunya melalui pendidikan di sekolah. Tanpa melalui pendidikan tak akan mungkin menjadi orang punya kemampuan dan pemberi pendidikan adalah para guru, baik guru honor maupun guru berNip di sekolah,” katanya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, jika tanpa guru mana mungkin semuannya bisa berjalan baik, baik proses belajar mengajar di sekolah bahkan soal sumber daya manusia. Adanya guru maka proses belajar mengajar bisa berjalan di sekolah dan jika tidak ada proses belajar mengajar mana mungkin anak-anak bisa terima pendidikan atau ilmu dari guru untuk menjadi pintar.

Mengingat pentingnya tugas seorang guru, ia berharap, pemerintah daerah punya tanggung jawab untuk dapat melihat dan menyikapi kondisi pendidikan, terutama harapan yang disampaikan para guru melalui aksi demo yang dilakukan. Masalah pendidikan adalah masalah bersama yang harus diseriusi oleh semua pihak, terutama pemerintah daerah guna memajukan dunia pendidikan.

“Kami berharap juga agar apapun harapan yang disampaikan oleh para guru honorer ini dapat diperhatian serius agar melalui tugas para guru dapat memajukan dunia pendidikan, terutama dapat mencetak manusia-manusia Deiyai berkwalitas sesuai harapan bersama,” harapnya. (henbob)