Pasific Pos.com
Papua Selatan

Mengintip Aktifitas AKBP Untung Sangaji

Kapolres saat menemui seorang anak di emperan toko (foto:iis)
‘Kala Berkeliling Kota Merauke Berbagi Kasih Dengan Masyarakat Hingga Anak-Anak Aibon’

 

MERAUKE,ARAFURA,-Bagi seorang Kapolres Merauke, AKBP Ir.Untung Sangaji,M.Hum, tidak ada kata berhenti untuk berbagi terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini kepedulian terhadap sesama sudah seharusnya semakin ditingkatkan. Oleh sebab itu pihaknya bersama jajaran gencar melakukan aksi berbagi secara rutin dengan sasaran masyarakat yang membutuhkan di seputar Kota Merauke hingga di wilayah pinggiran. Hal ini wajar karena mantan Kapolres Aceh Utara ini memang dikenal sosok yang dermawan dan sangat peduli kepada masyarakat. Jika sudah berbicara tentang masyarakat khususnya masyarakat yang masih hidup dalam berbagai keterbatasan maka Untung Sangaji akan langsung bereaksi dengan melakukan tindakan nyata.

Seperti halnya yang dilakukan pada Selasa lalu dimana AKBP Untung Sangaji secara khusus berkeliling kawasan Kota Merauke untuk membagikan bantuan beras kepada masyarakat asli Papua yang ditemui di sepanjang jalan. Nampak beberapa karung beras didrop di dalam mobilnya dan langsung dibagikan oleh dirinya sendiri kepada masyarakat. Namun tidak hanya sekedar memberikan bantuan, Kapolres juga menyempatkan waktu untuk menyapa dan bercengkrama dengan mereka sehingga suasana yang penuh keakraban semakin terasa. Kapolres bahkan tidak segan-segan ikut duduk di emperan toko guna menasehati dan mengedukasi anak-anak aibon yang ditemui agar mereka menyadari perbuatannya dan tidak melakukannya lagi.

Sama halnya saat beliau mengajak mama-mama Papua yang tengah bekerja mengumpulkan barang bekas, dengan ramah ia menjamu mereka dengan minuman dan makanan ringan yang khusus dibeli untuk masyarakat dan anak-anak yang ditemui siang itu. Sama sekali tidak ada jarak di antara Kapolres dan masyarakat karena semua berjalan dalam suasana yang penuh dengan kebersamaan. Mama-mama tersebut juga tertarik dengan program home industri yang digagas oleh dirinya sehingga bersedia untuk mengikuti demi menambah penghasilan keluarga. Kepada ARAFURA News usai kegiatan, Untung Sangaji mengemukakan bahwa kegiatan tersebut sifatnya spontanitas dimana ada warga yang dilihat tengah melintas langsung dipanggil untuk diberikan sembako.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, dalam waktu dekat pihaknya akan melanjutkan kegiatan serupa dengan sasaran masyarakat lokal yang ada di Kampung Rawa Biru dan akan dihadiri pula oleh Ketua Bhayangkari. Ia menjelaskan, untuk anak-anak aibon memang membutuhkan perhatian lebih karena mereka adalah generasi penerus bangsa. “Saya panggil dan mengobrol dengan anak-anak itu lalu saya ajak minum susu dan memberikan makanan ringan sambil menasehati agar mereka sadar bahwa apa yang mereka sudah lakukan itu salah. Hanya saja karena saya saat itu berpakaian polisi sehingga mereka awalnya agak takut dan sungkan. Namun setelah beberapa menit mengobrol rasa takut itu hilang dan alhamdulilah apa yang saya sampaikan dapat dipahami dengan baik oleh mereka,”jelas Untung Sangaji.

Artikel Terkait

Cerita Seputar Home Industri Kapolres Berlanjut

Afrans

Kesigapan Kapolres Cegah Terorisme Dan Kriminalitas

Arafura News

Sambangi Kampung Tanas, ‘Kapolsek Aris Dianto Gencar Beri Himbauan’

Arafura News

Kapolsek Bupul Komit Jalin Sinergitas Dengan Unsur TNI

Arafura News

IPDA Mohamad Aris : Kapolsek Itu ‘Miniaturnya’ Kapolres

Arafura News

Kapolres Segera Hadirkan Terobosan Baru

Arafura News

Atasi Over Load Beras

Arafura News

Antisipasi Situasi, Pasukan Dari Merauke Disiagakan

Arafura News

Ini Bentuk Perhatian Seorang Untung Sangaji

Arafura News