Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

Mengenang Tragedi Banjir Bandang, Pemkab Jayapura Akan Gelar Ibadah Bersama

Tragedi Banjir Bandang Pemkab Jayapura Akan Gelar Ibadah Bersama
Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Jayapura, Drs. Sumartono.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Jayapura Levinus Ragainaga, bahwa pembuatan monumen atau tugu tersebut merupakan rangkaian refleksi satu tahun bencana alam banjir bandang dan longsor yang menyebabkan kerusakan di berbagai bidang baik fasilitas sosial maupun fasilitas umum setahun lalu di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Tugu ini seperti yang ada di Bali, tapi kalau di Bali itukan Monumen Ground Zero Bali yang didedikasikan untuk korban tragedi bom Bali. Nah, kita mau bikin seperti itu,”katanya.

Dijelaskan, di tugu tersebut akan ditulis nama-nama korban yang meninggal sebanyak 106 orang serta penandatanganan prasasti.

Lanjut pria yang akrab disapa Levin menyampaikan, pencanangan deklarasi Cagar Alam Cycloop tersebut akan melibatkan semua tokoh adat, tokoh masyarakat dan seluruh stokeholder di Kabupaten Jayapura.

“Di tanggal 16 Maret 2020 nanti, kita juga akan lakukan deklarasi Cagar Alam Pegunugan Cycloop dengan melibatkan semua tokoh adat dan semua stokeholder untuk lakukan tandatangan diatas kain sepanjang beberapa meter,” imbuhnya.

Levin juga menyebutkan, sebelum rangkaian puncak mengenai peristiwa setahun bencana alam banjir bandang dan longsor serta luapan air Danau Sentani juga akan digelar beberapa kegiatan seperti penanaman pohon di tiga segmen.

“Kemudian acara-acara yang akan kita lakukan satu minggu sebelum peringatan satu tahun peristiwa tersebut adalah simulasi dan juga penanaman pohon di tiga segmen,”

“Yakni segmen satu itu intinya atau dari puncak hingga kaki gunung Cycloop, segmen dua di aliran sungai atau dari kaki gunung Cycloop hingga pinggiran Danau Sentani dan di segmen tiga dari pinggiran Danau Sentani hingga tinggi sepadan air danau,” tandas Levin.

Artikel Terkait

15 Unit Rumah di Bangun Pemkab Jayapura Bagi ASN Distrik Airu

Jems

Penerima Manfaat Rumah Bencana Diharapkan Tidak Mendengarkan Isu Hoax

Jems

11 Atlet dan 1 Pelatih Berprestasi Terima Penghargaan dari Bupati Jayapura

Jems

Pemkab Jayapura Hadiahi Rumah Bagi Atlet Berprestasi

Bams

Kemensos Akan Bangun 75 Unit Rumah Untuk Korban Banjir

Jems

Gali potensi Kerajinan Tangan Berbasis Budaya Masyarakat Lokal, Balai PPMD Gelar Pelatihan

Jems

Besok Pemkab Jayapura Gelar Pertemuan Dengan Todat, Jelaskan Penggunaan Dana Hibah 275 M

Jems

Minta Dukungan dan Restu Adat, FPKPPE Papua Temui Ondofolo Yanto Eluay

Jems

Peserta Jambore Kader PKK Diingatkan Tetap Jalankan Prokes Ketat

Jems