Pasific Pos.com
Papua Barat

Memasuki Hari Kesepuluh Baru Partai Garuda Dan Perindo Yang Secara Resmi Mendaftarkan Bacalegnya

Manokwari TP, – Hingga memasuki hari kesepuluh belum ada lagi partai politik (Parpol) yang mendaftarkan secara resmi bakal calon legislative (Caleg) nya kekantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manokwari. Menurut Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kabupaten Manokwari Abdul Muin Salewe S.Hut membenarkan hal tersebut  bahwa pada hari ini memang ada beberapa parpol yang datang berkonsultasi terkait kelengkapan berkas dan mengkonfirmasi terkait jadwal untuk datang mendaftarkan bacalegnya,.

Ia mengatakan bahwa hari ini ada 3 partai yang datang berkonsultasi diantaranya partai Demokrat dari pukul 09.00 sampai pukul 10.00, Partai PPP pukul pukul 11.00 sampai pukul 12.00 dan partai Berkarya dari pukul 13.00 sampai pukul 14.30 siang tadi. Ia menambahkan bahwa biasanya sehari sebelum pendaftaran, masing-masing parpol datang menginformasikan kepada KPU dan menjadwalkan pendaftarannya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa kemungkinan jadwal parpol yang terdekat adalah partai amanat nasional (PAN) yang akan mendaftarkan bacalegnya pada tanggal 12 jam 12 siang yang memang sengaja mereka jadwalkan sesuai dengan nomor urut mereka. Begitupun dari partai democrat yang telah mereka sampaikan akan mendaftarkan bacalegnya tanggal 14 karena sesuai dengan nomor urutnya juga, dan memang secara serentak di seluruh Indonesia partai democrat akan mendaftar pada tanggal 14.

Terkait dengan jadwal pendaftaran, apabila ada perubahan jadwal atau lain hal itu adalah urusan dari parpolnya masing-masing, “kalaupun nanti ada perubahan jadwal, itu urusan dari masing-masing parpol, tapi biasanya mereka menginformasikan terlebih dahulu, begitu juga dengan personil yang mereka bawah, harus diinformasikan jangan sampai mereka datang dengan anggota yang banyak hingga 40 mobil dan menumpuk di lapangan, ini juga yang kami sampaikan, kalo cuma 100 orang tidak masalah, karena persoalan ini juga terkait kepentingan publik, nanti kantor tidak muat dan akhirnya mereka berkumpul dijalan, Jelasnya”.

Muin mengatakan bahwa memang sebelumnya sudah disampaikan kepada parpol agar sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya terlebih dahulu melakukan konsultasi agar nanti pada saat pendaftaran tidak ada masalah atau kendala yang dialami oleh para bacaleg dari masing-masing parpol. karena sebelumnya para bacaleg terkendala soal sistem informasi pencalonan (Silon). “memang kendala yang dialami kebanyakan parpol menanyakan terkait aplikasi silon, mungkin ada yang belum paham daan lain sebagainya, Ungkapnya”.

Dirinya mengakui terkait penggunaanaplikasi silon bayak parpol yang mengeluhkan karena traffick yang tinggi karena seluruh Indonesia bisa saja menggunaan aplikasi tersebut secara bersamaan. terkait dengan batas waktu pendaftaran bacaleg juga kami tegaskan kepada parpol agar mengikuti prosedur yang ada, kemungkinan adanya penambahan waktu sejauh ini belum diketahui.

Diberitakan sebelumnya bahwa baru Partai Garuda dan Partai Perindo yang sudah secara resmi mendaftarkan bacalegnya pada hari senin kemarin. Ia berharap kepada semua parpol agar tidak mendaftarkan bacalegnya dimasa-masa akhir pendaftaran karena “kekwatiran kami kalu mendaftar di akhir-akhir masa pendaftaran, jika terjadi hal-hal tenknis seperti internet putus, lampu padam tentunya dapat mengganggu jalannya pendaftaran itu sendiri, Tutup Muin, Selasa (10/07/18). (CR-45)