Pasific Pos.com
Papua Tengah

Mayoritas Parpol Nabire Daftar di Injury Time

NABIRE – Mayoritas partai politik (Parpol) di Kabupaten Nabire melakukan pendaftaran calon anggota legislatifnya (Caleg) pada masa injury time, yakni di hari terakhir pendaftaran, Selasa (17/7). Kantor KPU Nabire terlihat ramai pengunjung, dan staf KPU pun harus bekerja ekstra untuk memberikan pelayanan pada Parpol yang mendaftar. Jika pada hari-hari sebelumnya tidak ada Parpol yang nongol untuk mendaftar, di hari penutupan Selasa kemarin, sejak pagi staf sekretariat KPU Nabire sudah dibuat sibuk. Sejak pagi hari, satu per satu Parpol datang untuk mendaftar.

Sekedar diketahui jika KPU Nabire menerima pendaftaran hingga pukul 24.00 WIT Selasa (17/7). Ditegaskan oleh KPU, tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran. Hal ini membuat 16 Parpol yang ada di Kabupaten Nabire mau tidak mau sudah harus mendaftarkan Calegnya pada Selasa ini. Terliath

Data yang dihimpun media ini dari pagi hingga sekitar pukul 21.00 WIT, sudah ada sebanyak 12 Parpol yang telah mendaftar. Berikut datanya, pada pukul 09.00 WIT PDI-Perjuangan dengan status diterima, pukul 10.00 WIT Partai Berkarya dengan status diterima, pukul 10.45 WIT Gerindra dengan status diterima, pukul 11.11 WIT PAN dengan status diterima, pukul 11.48 WIT PKPI dengan status diterima, pukul 12.05 WIT Partai Demokrat dengan status diterima, pukul 18.30 WIT Partai Hanura dengan status diterima, pukul 19.00 WIT PPP dengan status diterima, pukul 19.30 WIT PKS dengan status diterima, pukul 20.00 WIT Partai Perindo dengan status diterima, pukul 20.30 WIT PBB dengan status dipending, pukul 20.45 WIT PKB dengan status diterima. Sementara sisa waktu tengah dimanfaatkan oleh Parpol lainnya maupun yang statusnya masih dipending.

 

KPU Kebut Verifikasi Berkas Caleg

 

Komisioner KPU Ilham Saputra, mengatakan, KPU sejak awal telah mengimbau agar parpol tidak mendaftar pada hari-hari terakhir. “Karena nanti, ketika kami verifikasi berkas-berkasnya itu, agar mereka segera memperbaiki hasil verifikasi tersebut,” ucapnya.
KPU akan mulai melakukan verifikasi kelengkapan administrasi daftar bakal calon pada 5-18 Juli 2018. Selanjutnya, penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi dilakukan pada 19-21 Juli 2018. (ros)