Pasific Pos.com
Papua Tengah

Masyarakat Yaur Minta Talud Sepanjang 3 KM

NABIRE – Masyarakat dari Distrik Yaur khususnya Kampung Sima meminta kepada pemerintah daerah untuk membangun talud sepanjang 3 KM di Kampung Sima untuk mengurangi ancaman abrasi yang bakal mengancam penduduk setempat.

Masyarakat Sima juga mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun satu SMP, masyarakat sudah menyiapkan lokasinya.

Dua usulan tersebut bersama beberapa aspirasi warga lainnya disampaikan saat Kelompok IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) melaksanakan hearing ke Kampung Sima, Distrik Yaur, akhir pekan lalu.

Kelompok IV DPRD yang hearing ke Yaur diketuai Nelis Jawan bersama anggota Yurmina Money, H Katherin Maruanaya, AP Youw dan Maria MP Alom.

Ketua Kelompok IV DPRD Nabire, Nelis Jawan di ruang kerjanya, Senin (26/2) mengatakan Kelompok IV mengadakan pertemuan dengan masyarakat Kampung Sima di halaman terbuka, di depan pantai.

Dalam pertemuan tersebut, masyarakat menyampaikan beberapa aspirasi kepada wakil rakyat untuk diteruskan kepada eksekutif di daerah ini.

Legislator dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini menambahkan, dalam pertemuan tersebut, masyarakat meminta kepada pemerintah untuk membangun talut sepanjang 3 KM untuk membendung abrasi yang kian mendekat ke tengah pemukiman warga.

Selain itu, kata Jawan, masyarakat juga meminta pemerintah melalui instansi teknis untuk membangun satu SMP untuk menampung anak-anak usia sekolah khususnya tingkat usia 13 – 15 tahun.

Masyarakat mengatakan lahan sudah siap, tinggal pemerintah membangun SMP di atas lahan yang disiapkan oleh warga.Disamping itu, Jawan menambahkan, masyarakat juga meminta kepada pemerintah untuk menyelesaikan sertifikat tanah dari sekolah di Sima.

Karena, hingga saat ini lahan yang dipakai untuk penempatan gedung sekokah tersebut tidak ada sertifikat atas nama sekolah.Sementara itu, dalam pertemuan tersebut anggota dewan yang hearing bersama masyarakat meminta agar masyarakat juga mendukung pembangunan dan penyelesaian kantor Klasis GKI wilayah Barat di Kampung Sima.(ans)