Pasific Pos.com
Headline

Masyarakat Papua Jangan Panik Dengan Virus Corona

Masyarakat Papua Jangan Panik Dengan Virus Corona
Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal

Jayapura – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dengan Virus Corona yang kini sudah masuk di Indonesia.

Wagub memastikan, Papua masih aman dari virus mematikan tersebut, dan pemerintah sudah mengambil langkah-langkah untuk mencegah virus tersebut masuk ke bumi Cenderawasih.

Wagub juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak asal menggunakan masker, sebab masker hanya bagi yang mempunyai gejala penyakit.

“Masker hanya buat yang mempunyai gejala sakit, jadi jangan sehat tetapi karena takut dan panik lalu beli masker banyak-banyak,” kata Wakil Gubernur Klemen Tinal kepada wartawan, Kamis (5/3/2020) usai memimpin rapat koordinasi siaga darurat Covid-19.

Klemen menegaskan, pemerintah akan menurunkan aparat kepolisian untuk mengecek gudang-gudang distributor alat kesehatan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya penimbunan masker.

“Bagi yang jualan masker jakan di cek jangan dia stok lalu main harga, orang dalam keadaan begini, kami akan minta polisi untuk cek semua gudang itu,” tegasnya.

Masyarakat dihimbau agar tidak membeli masker berlebihan dan tidak perlu panik, kecuali kalau ada gejala namun diharapkan menjaga kebersihan, cuci tangan penting dan tidak terlalu banyak pegang wajah.

“Kurangi kegiatan yang tidak penting, karena dari pertemuan jarak dekat itu yang bisa menular, Yang bersifat massal dikurangi, kita pastikan dulu Papua aman, baru mulai hidup normal,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giay menambahkan bahwa masker bukan untuk digunakan oleh semua orang dimana-mana, tetapi masker untuk orang mengalami gejala penyakit. “Jangan sampai stok habis digunakan oleh orang yang sehat,” tambahnya.

Artikel Terkait

Tiga Tenaga Medis Positif Covid-19, Lima Kabupaten Masuk Zona Merah

Fani

Kapolda Papua Imbau Masyarakat Untuk Tidak Mudik

Fani

Walau Hasilnya Negatif, Keluarga Pasien Covid Pertama di Papua Masih Dijauhi

Fani

Satgas Covid Papua Minta Bupati Mappi Umumkan Hasil PCR 21

Fani

Anggaran Covid-19 Papua Sudah Siap

Bams

Sumule : Kasus Covid-19 Di Papua Semakin Naik, Mencatat 45 Positif

Fani

Papua Tetapkan Tanggap Darurat Covid-19 28 Hari

Bams

Angka Pasien Covid-19 Meningkat, Papua Tingkatkan Status Jadi Tanggap Darurat

Bams

Manajemen Bank Papua Bantah Lima Pegawai Positif Covid-19

Zulkifli