Pasific Pos.com
Papua Tengah

Masyarakat Nabire Diminta Ikut Menjaga TNTC

NABIRE – Ketika bertatap muka langsung dengan para Nelayan Tangkap yang berada di Smoker Kelurahan Siriwini, Sabtu (17/2), Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Papua Drs. Fransiskus Xaverius Mote, M.Si, meminta agar Nelayan Nabire ikut menjaga dan melestarikan Taman Nasional Teluk Cenderawsih (TNTC).

Karena hingga kini Pemerintah Pusat telah menetapkan Teluk Cenderawsih sebagai taman nasional yang akan terus dijaga dan dilindungi dan jika masyarakat bersama nelayan juga ikut jaga, maka akan mendatangkan banyak orang untuk melihatnya dan hasilnya akan dirasakan oleh masyarakat dan nelayan.

Untuk itu, kini pemerintah telah merancang aturannya atau sonasinya dan jika sudah turun sonasi dari Pemerintah Pusat, maka tugas kita di daerah untuk mengatur para nelayan untuk tidak lagi sembarang menangkap ikan atau mengambil hasil laut lagi.

Dan ada jenis–jenis ikan tertentu yang telah diatur untuk dilindungi, sehingga tidak semua ikan ditangkap lagi dengan sembarangan, akan tetapi akan diatur, sehingga ada batasan penangkapan ikan yang kurang dari 12 mil bagi masyarakat dan lebih dari 12 mil bagi kapal-kapal ikan besar yang menggunakan alat tangkap canggih.

Sehingga dirinya meminta masyarakat dan nelayan untuk tidak lagi menangkap ikan dengan cara bom, racun obat, kimia dan lainnya yang bersifat menghancurkan lingkungan dan aneka ragam hayati lainnya yang ada di laut kita, termasuk di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih.(erens rumbobiar)