Pasific Pos.com
Papua Tengah

Masyarakat Maidey Minta Tingkatkan Pustu

NABIRE – Masyarakat Kampung Maidey (SP III Lagari), Distrik Makimi meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire melalui instansi teknis agar meningkatkan Puskesmas Pembantu (Pustu) di kampung tersebut menjadi Puskesmas. Warga setempat juga menilai sudah saatnya pemerintah membenahi Pustu tersebut dengan membangun fasilitas yang refresentatif.

Kepala Kampung Maidey, G Wonda di kediamannya, pekan lalu mengatakan warga Kampung Maidey melalui musyawarah kampung yang digelar awal Februari sudah membahas kondisi Pustu. Dalam pertemuan tersebut, warga menilai, sudah saatnya Pustu Maidey ditingkatkan menjadi Puskesmas. Karena, warga di kampung ini cukup banyak, sekitar 1.000 jiwa.

Wonda menambahkan, soal lokasi sudah cukup, karena lahan untuk Pustu seluas 1 hektar. Di atas lahan ini, pemerintah melalui instansi teknis bisa membangun Puskesmas dan rumah petugas agar pelayanan medis di kampung ini bisa maksimal. Karena, kalau hanya Pustu, fasilitas yang tersedia sedikit dan petugas juga terbatas. Tetapi, jika sudah menjadi Puskesmas, otomatis ketersediaan fasilitas memadai dan petugas medis bertambah.

Kepala Kampung Maidey, Wonda mengungkapkan, dalam pertemuan warga menilai, kalau warga berobat ke Puskesmas SP IV, kerja double karena kalau tidak ada petugas atau obat yang dibutuhkan warga tidak ada, terpaksa harus kembali lagi ke Maidey lalu melanjutkan perjalanan ke kota atau ke Puskesmas Perawatan di Kampung Biha (SP I Lagari). Mau langsung ke Puskesmas di SP I, warga Kampung Maidey dibawah Puskesmas SP IV. Sementara, warga di Kampung Maidey, cukup banyak, mencapai jumlah 1.000 jiwa.

Oleh sebab itu, kata Wonda, dalam pertemuan warga telah sepakat untuk meminta kepada pemerintah untuk meningkatkan Pustu Maidey menjadi Puskesmas Maidey. Kalau tidak, masyarakat meminta agar pemerintah membangun gedung Pustu yang refresentatif karena lokasinya sudah ada.

Ia menambahkan, dalam pertemuan warga juga telah meminta kepada petugas medis di Pustu Maidey untuk menyampaikan keinginan masyarakat tersebut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Nabire agar meningkatkan status Pustu Maidey menjadi Puskesmas dengan membangun sarana prasarana dan petugas medis agar masyarakat Maidey juga merasakan pelayanan kesehatan dari dekat warga, tidak mau jauh-jauh dengan mengandalkan angkutan roda dua, kerja double ke Puskesmas SP IV ketika tidak ada pelayanan. (ans)