Pasific Pos.com
Papua Tengah

Masyarakat Aibore Bangun Jembatan Gantung Sepanjang 175 Meter

NABIRE – Masyarakat Kampung Aibore, Distrik Siriwo telah berhasil membangun jembatan gantung di Kali Bedu dengan bentangan sepanjang 275 meter. Jembatan gantung kerangka besi tersebut dibangun dengan dana kampung tahun anggaran 2017 tahap pertama.

Ketua Bamuskam Aibore, Elias Mumakapa di depan anggota DPRD Kabupaten Nabire yang melaksanakan hearing ke Distrik Siriwo, Kamis (22/2) dipimpin Germanus Agapa, mengatakan dana kampung tahap pertama sebesar Rp1 milyar, dan dua buah rumah.

Jembatan gantung di Kali Bedu sepanjang 175 meter dibangun dengan dana sebesar Rp310.275.000. Pekerjaan tersebut dilaksanakan selama dua bulan lebih, sejak 1 Agustus hingga 27 September 2017. Kelebihan dari jembatan tersebut, kerangka jembatan dengan tali ring dan besi untuk tiang penyangga.

Anggota dewan, Germanus Agapa, Obed Senapa, Linus Doo dan Marcy Kegou yang menyaksikan jembatan tersebut kagum dan memuji pengelolaan dana kampung dari Kampung Aibore. Sebab, masyarakat setempat berhasil membangun jembatan gantung kerangka besi. Karena, bila melihat kondisi jembatan dengan bahan yang dipergunakan, nilainya tidak seimbang dengan besaran dana yang dipakai untuk jembatan dibanding nilai sebuah proyek.

Ketua Bamuskam Aibore, Elias Mumakapa mengatakan, selain jembatan gantung sebagai penghubung antara masyarakat ke ibukota distrik juga telah membangun dua buah rumah untuk kebutuhan warga.

“Ini hanya kami laporkan kegiatan fisik yang kami laksanakan tahun lalu. Masih ada kegiatan lain seperti pelatihan dan pengadaan baju untuk ibu-ibu PKK tetapi kami tidak laporkan,” tutur Ketua Bamuskam.

Selain kegiatan pembangunan kampung dengan kucuran dana kampung tahun anggaran 2017 lalu, melalui kucuran dana tahap kedua sebesar Rp700.000 sedang dalam penyelesaian rumah warga sebanyak 4 buah.

Menurut Elias, rumah tersebut diantaranya di Dusun Bedotadi dan Dusun Paitapu.

Kepala Kampung Aibore, Andreas Kayapa, rumah yang dibangun dengan dana kampung berukuran 6×6 meter. Dua rumah sudah selesai dibangun dan dua lagi masih dalam proses pembangunan.(ans)