Pasific Pos.com
Papua Barat

Masuk SMA Yapis Tetap Harus Ikuti Tes Tulis dan Baca

Manokwari TP, – Meski kouta siswa baru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Yapis Manokwari belum dibatasi, namun sesuai ketentuan sekolah setiap siswa baru wajib mengikuti tes menulis dan membaca.

“Tes itu sudah rutin dilakukan saat penerimaan siswa baru, masa masuk SMA  tidak bisa membaca dan menulis,” kata Ketua Penerimaan Siswa Baru SMA Yapis Manokwari, Drs. Agoes Soeprigo kepada Tabura Pos, Rabu (4/7).

Disinggung penerimaan siswa baru tahun ini, lanjut Agoes, dilihat dari proses penerimaan siswa baru dari tahun ke tahun, dan pengalamannya sebagai tenaga pendidik, sekolah swasta bagi siswa baru masih pilihan nomor dua di mata masyarakat karena dianggap kalah saing dengan sekolah yang berstatus Negeri. 

“ Sekolah negeri masih favorit bagi masyarakat, sehingga saat mendaftarkan anaknya ke sekolah yang jenjang lebih tinggi, sekolah negeri masih pilihan nomor satu,” ujar Agoes.

       Berangkat dari hal tersebut, Agoes mengungkapkan, jika sebenarnya ada atauran bahwa setiap sekolah hanya terdiri dari 12 ruang kelas tiap tingkatan saat penerimaan siswa baru, namun hingga saat ini belum diberlakukan oleh pemerintah, sehingga saat di input ke dalam data semuanya belum berfungsi.

“ Kalau aturan ini diterapkan, ada kemungkinan sekolah swasta di Manokwari dapat berkembang sebagaimana mestinya.” terang Agoes yang tidak menampik bahwa animo siswa baru mendaftar ke SMA Yapis masih kurang, karena mindset berpikir masyarakat saat ini SMA Yapis berstatus sekolah swasta sehingga masyarakat memilih ke sekolah Negeri.

Ia menambahkan, sesuai visi dan misi sekolah tentu nilai plusnya adalah pendidikan keagamaa. Meski demikian, Ia berharap pelajar yang ingin masuk SMA Yapis bukan karena keterpaksaan . “ Kedepan harapan saya, anak didik yang masuk ke sekolah ini bukan karena terpaksa  atau menjadikan Yapis sebagai sekolah pelarian, meskipun ada beberapa anak didik yang kenyataannya seperti itu,” ungkap Agoes.

Guru mata pelajaran PKN ini menambahkan, SMA Yapis Manokwari merupakan sekolah yang memiliki standar Nasional yang bisa dimasukki semua golongan untuk menempuh jalur pendidikan di sekolah terutama untuk putra putri daerah yang ingin  melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA.

Ia juga menyebutkan, tingkat kelulusan anak didik SMA Yapis pada Ujian Nasional tahun 2018  dapat lulus 100 persen. “ Walaupun masih ada nilai anak didik masih rendah tetapi tahun ini anak didik SMA Yapis lulus 100 persen,” tandasnya. [CR51-R2)