Pasific Pos.com
Headline Lintas Daerah

Masuk Dalam Program Prioritas Pemda Waropen, Gepemkesmawar Bersumber Dari Mana?

Gepemkesmawar,19-9-20
Secara Terbuka, Kepala Distrik Kirihi Menyerahkan Dana Program Gepemkesmawar Yang bersumber dari Dana Otsus, Sabtu (19/9).

Apinus Wonda: Adanya Program Ini Dana Otsus Secara Nyata Dirasakan Oleh Masyarakat

Waropen – Gererakan Pemberantasan Kemiskinan Masyarakat Waropen (Gepemkesmawar) yang menjadi salah satu program prioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Waropen dalam kepemimpinan Bupati Yermias Bisai dan Wakil Bupati Hendrik Wonatorey, kembali direalisasikan kepada masyarakat, kali ini giliran masyarakat Distrik Kirihi dan Walay yang sedang bermukim di dilayah sepuratan kota Waropen, Sabtu (19/09/20)

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Asisten I Setda Kabupaten Waropen, selanjutnya diserahkan oleh Kepala-Kepala Distrik sesuai jumlah Kepala Keluarga (KK) yang telah didata, yakni dari Distrik Kirihi sekitar 275 KK dan Distrik Walay 55 KK.

Kegiatan ini dilakukan di SP 5 Jalur I Distrik Ureifaisei karena sebagian besar masyarakat Kirihi dan Walay tempat bermukim, tepatnya di rumah salah satu anggota DPRD Kabupaten Waropen yang merupakan toko masyarakat yang mempunyai peran penting dalam pembinaan sosial kepada masyarakat kirihi maupun masyarakat dari Distrik Walay.

Asisten I Pemerintahan Jaelani selaku koordinator Gepemkesmawar mengatakan, bahwa dana program Gepemkesmawar bersumber dari Dana Otonomi Khusus (Otsus), yang direalisasikan secara bertahap, dan ditargertkan program ini akan tuntas pada tahun ini.

Dijelas, bahwa terjadinya keterlambatan atau pembayaran masih sebagian dari Program Gepemkesmawar sebesar 10 Juta per KK, diakibatkan keterlambatan tranfer karena terjadi penyesuaian anggaran disebabkan pandemic Covid-19.

Pada penyerahan kali ini, Jaelani menerangkan bahwa masyarakat Kirihi, Walay yang bermukin di seputaran kota Waropen menerima dana sebesar 5 Juta Per KK, dimana tahap sebelumnya telah diserahkan sebesar 5 Juta Rupiah.

“Kini kita serahkan 5 juta lagi, karena sebelumnya telah diserahkan 5 juta, sehingga untuk penerima yang sekarang ini telah terealiasi”. Kata Jaelani.

Selanjutnya, Kata Jaelani untuk warga yang tinggal di Distrik Kirihi dan Walay, dalam waktu dekat ini akan direalisasikan.

Sementara itu Anggota DPRD Waropen Apinus Wonada, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Waropen, atas terealiasasinya Program Gepemkesmawar di Kabupaten Waropen khususnya kepada masyarakat Distrik Kirihi dan Walay, dimana dengan adanya program ini Dana Otsus secara nyata dirasakan oleh masyarakat.

“Mewakili Masyarakat dari Distrik Kirihi dan Walay, saya mengucapkan terimah kasih kepada Pemerintah Daerah,Karena Dana Otsus yang selama ini disebut-sebut, secara nyata melalui program ini kami dapat melihat secara langsung”.Ucapnya.

Mantan Ketua DPRD Waropen ini juga berharap agar program Gepemkesmawar ini dapat dilanjutkan di tahun berikutnya, karena sangat membantu warga masyarakat terutama yang kurang mampu.

“Dengan adanya program ini sangat membantu ekonomi masyarakat, terutama kalangan bawah, jadi harus dilanjutkan di tahun berikutnya” harapnya.

Artikel Terkait

Pemda Waropen Terima Bantuan Alat Rapid Test dan Masker Dari Pemprov Papua

Afrans

Hasil Tes CPNS Formasi 2018 Kabupaten Waropen, Diumumkan 27 Oktober 2020

Afrans

Pjs Bupati Waropen Hadiri Pelepasan Jenazah Sukoi Zeth Tanati

Afrans

Pjs Bupati Waropen Resmikan Gedung GPDI Jemaat Ebenheizer Botawa

Afrans

Pastikan Layanan Pemerintahan Berjalan Baik, Pjs Bupati Waropen Sidak ke Sejumlah OPD

Afrans

Temui Guru Honorer Saat Aksi Demo, Pjs Bupati Waropen Buka Palang Kantor Disdikbud

Afrans

Kepala BPK Papua Gelar Pertemuan dengan Jajaran Pemkab Waropen, Ini Yang Dibahas

Afrans

Pjs Bupati Ajak Jajarannya Bersnorkeling di Pulau Nau

Afrans

Tinjau Bandara dan Bendungan Air Bersih di Botawa, Pjs Bupati Waropen Sebut 21 November Bandara Diresmikan

Afrans