Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Massa Datangi DPRD Jayawijaya Tuntut Kejelasan Pemilukada

Wamena, – Perpanjangan waktu pendaftaran bakal pasangan calon bupati Dan wakil bupati Jayawijaya mendapat sambutan dari berbagai kalangan masyarakat.

Sekitar 400 orang, Senin siang mendatangi kantor DPRD kabupaten Jayawijaya. Tampak diantar massa, Hantor Matuan (Bakal Calon Bupati Jayawijaya), Petrus Huby (Bakal Calon Bupati Jayawijaya), Bertol Paragaye (Bakal Calon Bupati Jayawijaya), Wemban Kogoya (Bakal Calon Wakil Bupati Jayawijaya), Leonard Mabel (Bakal calon Wakil Bupati Jayawijaya).

Kornenelis Logo selaku sekretaris kegiatan/Sekertaris Foberja mengatakan, kami datang kesini Untuk mendengar kepastian tentang perpanjangan pendaftaran pasangan calon di KPU Jayawijaya .

“Sesuai koordinasi dan arahan KPUD bahwa sudah jelas hari Jumat nanti kita bisa mendaftarkan pasangan calon kita,” ujarnya.

Sementara itu Bertol Paragaye (Bakal Calon Bupati Jayawijaya) mengkritik jarak waktu antara pengumuman dengan perpanjangan pendaftaran terlalu panjang dan mempertanyakan kenapa waktu tersebut terlalu panjang dengan harapan jangan sampai dengan waktu yang panjang tersebut akan dilakukan manuver politik oleh orang yang telah memborong semua partai.

” Demokrasi itu bisa dirasakan oleh masyarakat apabila ada lebih dari 2 pasangan calon dalam pilkada. Saya harapkan jangan ada yang membodohi masyarakat dan saya tidak mengharapkan ada korban lagi pada pemilu ini,” ujarnya.

Pasangan calon lainnya juga menyampaikan aspirasinya. Dan pada umumnya mereka menginginkan adanya calon lain dalam pelaksanaan pemilukada nantinya. Pada kesempatan ini Roni Elopere (Bakal calon wakil Bupati Jayawijaya) menyampaikan kekecewaannya.

“Saya tidak datang pada waktu pendaftaran itu tiket penerbangan saya disabotase dan tiket saya dibawa lari oleh orang tersebut. Mengecewakan pihak KPU Jayawijaya tentang berkas partai Hanura yang dinilai tidak sah karena tidak ada berkas aslinya, sedangkan saya sudah memegang berkas aslinya,” ujarnya.

Menanggapi berbagai pernyaatan, Bertus Asso anggota DPRD menyampaikan salut kepada foberja yg telah memfasilitasi ini, persaingan demokrasi di Wamena sudah tidak sehat.

“Saya merupakan salah satu kandidat yang ingin maju namun kita belum siap, apabila Tuhan berkehendak pasangan Bertol paragaye-Roni Elopere untuk menang maka menanglah bertarung dengan orang luar,” ujarnya.

Bertus Asso berharap dalam pemilu ini masyarakat jangan mengambil tindakan yang dapat memperkeruh suasana di Wamena karena tanah Baliem ini wajib kita jaga bersama sama.