Pasific Pos.com
Papua Barat

Masih 4 OPD Belum Masukan Renstra

Manokwari,TP – Pelaksanaan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Manokwari selama 3 hari, belum semua OPD menyerahkan rencana strategis (Renstra)nya.

Sekretaris Bappeda Manokwari, Tajudin mengungkapkan, masih ada 4 OPD yang belum menyerahkan Renstra yakni, RSUD, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Bagian Hukum, dan Bagian Kesejahteraan rakyat (Kesra).

“Kita masih berikan waktu hingga tanggal 11 Maret mendatang sebelum dimasukan APDA E-Planning,” kata Tajudin kepada wartawan di Kantor Bupati, Rabu (7/3).

Tajudin menerangkan, sebagai pembantu Bupati, seharusnya para pimpinan OPD memahami tugasnya dengan mengerjakan agenda yang sudah ditetapkan, terlebih menyangkut pembangunan untuk masyarakat.

“Tentunya, kita harapkan bisa segera. Kita sebagai pembantu Bupati tanpa perlu diperintah harusnya dengan kesadaran masing-masing OPD sudah melaksanakannya. Kita akan berikan waktu sebelum dimasukan di e-Planning dan dilaksanakannya Musrembang kabupaten,” jelas Tajudin.

Forum OPD merupakan wadah yang strategis untuk singkronisasi program baik dari tingkat distrik sampai pada tingkat OPD. Untuk itu, dengan berjalannya waktu harus segera diselesaikan. Sebab, jika terlambat bisa berpengaruh pada penyusunan dokumen program berikutnya, perencanaan hingga pelaksanaannya.

Tajudin menambahkan bila batas waktu yang sudah diberikan keempat OPD belum menyerahkan Renstra, seluruh keputusan akan diserahkan kepada Bupati Demas P. Mandacan. [SDR-R3]