Pasific Pos.com
Papua Selatan

Masalah Sampah Plastik Jadi Sorotan Publik

MERAUKE,ARAFURA,-Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Elies Mite mengemukakan bahwa masalah sampah plastik di Indonesia lagi-lagi menjadi sorotan publik sehingga pemerintah harus mempercepat perbaikan sistem pengelolaan sampah. Data menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara dengan jumlah pencemaran sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Oleh sebab itu untuk mengurangi sampah plastik tersebut maka Kabupaten Merauke menerapkan program pengendalian sampah plastik melalui peraturan bupati nomor 23 tahun 2019 tentang pengurangan pemakaian kantong plastik. “Tujuan langkah ini adalah untuk melaksanakan program pengendalian sampah plastik melalui motivasi kerja semua pihak untuk mengatasi sampah dan melakukan pengelolaan sampah yang berkelanjutan melalui daur ulang,”ujarnya pada launching program pengendalian sampah plastik dan penerapan peraturan bupati nomor 23 tahun 2019 tentang pengurangan pemakaian kantong plastik di Orange Supermarket Selasa lalu.

Lebih lanjut dikemukakan, launching yang dilakukan juga bertujuan untuk memaksimalkan upaya pengurangan wadah atau kemasan sekali pakai sehingga dapat mengurangi sampah plastik. Adapun yang menjadi sasaran adalah pemilik toko dan pusat perbelanjaan yang ada di Kabupaten Merauke, para lurah, pimpinan SKPD, komunitas pecinta lingkungan, anggota PKK, Dharma Wanita, Persit Kartika Chandara Kirana, Pia Ardhya Garini dan seluruh masyarakat.