Pasific Pos.com
Papua Barat

Maret, Polri Buka Penerimaan Tamtama, Bintara, dan Akpol

Manokwari, TP – Penerimaan calon Tamtama, Bintara, dan Akademi Kepolisian (Akpol) 2018 dijadwalkan dibuka Maret 2018 mendatang, ungkap Wakapolda Papua Barat, Kombes Pol. Tatang.

Ia menjelaskan, proses pendaftaran akan mengacu pada Undang-undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua, sehingga ada keterwakilan orang asli Papua dalam penerimaan tersebut.

“Kemungkinan besar untuk kuotanya 70 berbanding 30, untuk putra daerah 70 persen, kalau pendatang 30 persen,” rinci Tatang kepada para wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (12/2).

Menurutnya, putra dan putri asli Papua yang ingin mengikuti seleksi anggota Polri harus menyiapkan diri semaksimal mungkin, mulai kesehatan, kemampuan fisik, kemampuan akademis, bahkan psikotes.

Di samping itu, Wakapolda meminta agar mereka yang berminat menjadi calon anggota Polri terus belajar dan menjaga kesehatan, serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan kriminal.

Ditanya tentang kuota penerimaan anggota Polri 2018, Wakapolda menjelaskan, pihaknya belum menerima pembagian kuota dari Mabes Polri. Disinggung apakah proses seleksi ini nanti akan bebas pungutan liar (pungli), Tatang membenarkannya.

“Kalau masyarakat percaya ada pungli dan calling, itu keterlaluan. Jangan mau ditipu dengan iming-iming yang ditawarkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab,” pesan Wakapolda.

Lagi pula, ia menandaskan, proses seleksi akan berlangsung online di bawah pengawasan Mabes Polri. “Kalau memang ada oknum yang kedapatan melakukan pungli atau menjadi calling, ya kita pecat, tidak akan ada ampun,” kata Tatang. [BOM-R1]