Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis Papua Barat

Manager PLN UP3 Manokwari Minta Warga Babo Jaga Aset PLN

: Peresmian listrik nyala 24 jam di Distrik Babo. (Foto : Istimewa)

Teluk Bintuni – PLN terus berupaya dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk dengan meningkatkan jam operasional di daerah-daerah yang selama ini belum dapat menikmati layanan listrik 24 jam dari PLN salah satunya di Distrik Babo, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Dengan semangat meningkatkan pelayanan, PLN UP3 Manokwari secara resmi melaunching listrik nyala 24 jam di Distrik Babo.

Manager PLN UP3 Manokwari, Sulisiyo mengatakan PLN akan terus berusaha agar para pelanggan mendapatkan pelayanan kelistrikan terbaik dengan peningkatkan kemampuan pegawai dalam hal terobosan pelayanan serta keterlibatan masyarakat dalam menjaga aset PLN.

Sulisiyo juga meminta kepada masyarakat agar merelakan ranting atau pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik untuk dipangkas.

“Agar aset PLN yang berupa jaringan dapat maksimal dalam memasok listrik ke pelanggan, terlebih dalam cuaca hujan dan angin akan beresiko menjadi gangguan suplai listrik ke rumah warga,” imbuhnya.

Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Bintuni, Sulubi mengatakan listrik menjadikan malam kehilangan gelapnya. Dan, kehadiran listrik selama satu hari penuh tentunya sangat membantu masyarakat dalam menjalankan segala aktivitasnya.

Dia menjelaskan bahwa sebanyak 620 pelanggan yang berada di Babo kini dapat menikmati layanan listrik PLN sehari penuh atau 24 jam.
“Pasokan listrik dari pembangkit tenaga diesel sebanyak 1 mesin Deutz kapasitas 250 Kilowatt sehingga total daya terpasang 1.100 kW. Untuk daya mampu sekarang di Distrik Babo 600 kw dan Beban Puncak sebesar 250 kW,” jelas Sulubi.

Sulubi mengungkapkan terus berupaya meningkatkan layanan listrik kepada masyarakat. Peningkatan layanan listrik merupakan wujud komitmen PLN untuk terus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Pelaksana Harian Kepala Distrik Babo, Maulana Fimbay mengatakan, dengan listrik menyala 24 jam pembangunan ekonomi dan sejumlah desa bisa ditingkatkan. Terjaminnya pasokan listrik akan membuka peluang bagi masyarakat untuk produktif.

“Terima kasih Kado Natal dari PLN untuk warga Distrik Babo, listrik menjadi salah satu penentu kemajuan masyarakat dan penentu keberhasilan pembangunan ekonomi masyarakat,” ucap Maulana.

“Untuk itu, masyarakat harus turut menjaga aset PLN. Dengan adanya listrik akan banyak tumbuh industri baik skala rumah tangga ataupun industri besar,” lanjut dia.

Maulana mengajak warga Distrik Babo agar turut berpartisipasi dalam pembangunan salah satunya dengan mendukung program pemerintah yang mengarah kepada kemajuan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Sudirman salah satu pelanggan di daerah Babo menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi kinerja PLN atas peningkatan jam nyala dari 12 jam menjadi 24 jam.

“Sangat membantu kami khususnya yang tetap bekerja di malam hari dan menggunakan peralatan elektronik,” ucapnya.

Launching listrik nyala 24 jam di Distrik Babo dihadiri sejumlah stakeholder diantaranya Danramil Babo, Kapolres Babo dan Dinas Perhubungan serta warga sekitar PLTD Babo. (Zulkifli)