Pasific Pos.com
Info Papua

Manager PLN Papua : Kapasitas Mesin Pembangkit Siap

 

JAYAPURA – Manager Sektor PT PLN Wilayah Papua dan Papua barat, Nyoman Satriyadi Rai mengatakan, kapasitas mesin pembangkit listrik di Papua sangat siap mencapai 108 Megawatt (MW).

Nyoman memastikan kapasitas sebesar itu siap menjamin kebutuhan listrik di Papua lantaran penggunaan daya listrik oleh pelanggan hanya berada dikisaran 71-73 MW.

Walau demikian, Nyoman menginginkan agar masyarakat mengetahui bahwa pembangkit listrik antara satu dengan yang lainnya yang dimiliki oleh PLN tidak berdekatan jaraknya.

“Seperti Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Yarmoch yang berada di Jalan Koti, Kota Jayapura akan kami minimalkan suaranya agar tidak menggangu warga sekitar, “ucapnya, di Kota Jayapura, Selasa (26/6/2018).

Nyoman menjelaskan, yang menjadi permasalahan adalah ketika menyuplai listrik ke pelanggan. Sebelum sampai ke pelanggan, kata Nyoman, aliran listrik terlebih dulu disalurkan ke Gardu Induk (GI) untuk merubah tegangan tinggi ke tegangan rendah.

Sementara itu, kondisi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem, kata Nyoman, masih mensuplai aliran listrik namun hanya 8,5 MW dari kapasitas 2×10 MW.

“Kami maksimalkan PLTA sebab air paling murah dibandingkan bahan bakar minyak, “katanya.

Terkait hanya satu mesin PLTA Orya yang beroperasi, Nyoman menjelaskan, kondisi air tidak melimpah sehingga pola operasi mesin pembangkit diatur.

“Jangan sampai siang hari hidup, tapi malam hari padam karena kehabisan air. Kami punya manajemen air, bisa saja dua unit mesin PLTA beroperasi tapi untuk menstabilkan kontinuitasnya tidak dijamin, “jelas Nyoman.