Pasific Pos.com
Papua Barat

Maduraja Menangkan Lomba Pos Kamling Satbinmas

Manokwari, TP – Dalam rangka menyongsong Hut Bhayangkara ke-73 tahun, di wilayah hukum Polres Manokwari, Satbinmas Polres Manokwari menggelar lomba babhinkamtibmas dan Pos kamling.

Dimana, dalam perlombaan Pos kamling, Juara I diraih Pos kamling Maduraja, Juara II diraih Pos kamling Wosi Pantai, dan Juara III diraih Pos kamling Sowi Gunung.

Wakapolres Manokwari, Kompol A. Mapparenta menuturkan, Pos kamling merupakan bentuk pengamanan swakarsa dari masyarakat dan untuk masyarakat sendiri.

Dimana, dikatakanya, hadirnya Pos kamling untuk mencegah terjadinya tindakan pidana atau adanya kesempatan untuk melakukan tindak pidana, sekaligus untuk menolong orang lain yang membutuhkan pertolongan darurat.

“Yang terpenting adalah masyarakat tidak main hakim sendiri tetapi bekerjasama dengan anggota babhinkamtibmas ketika terjadi suatu tindakan criminal,” ungkap Mapparenta Kepada Tabura Pos di Komplek Maduraja, Wosi, Rabu (27/6) malam.

Lanjut dia, hadirnya Pos kamling juga dapat membuat masyarakat menjadi mandiri dan lebih dewasa dalam menyelesaikan sebuah persoalan.

Mapparenta berharap, lomba tersebut tidak hanya sebatas seremonial semata melainkan dapat menjadi pemacu sebagai semangat dalam membangun keamanan dan kebersamaan.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Manokwari, Iptu Subiyanto mengatakan, lomba babinkamtibmas diperuntukan bagi perwakilan Polsek, sedangkan Pos kamling bagi masyarakat umum.

Dikatakannya, lomba babinkamtibmas dimaksudkan agar anggota Polri bisa menyampaikan pesan-pesan kamtibmas di wilayah kerjanya masing-masing, dan membiasakan diri berbicara di depan umum.

“Yang kami nilai adalah cara mereka memberikan pendampingan dan menyajikan materi tentang kamtibmas kepada masyarakat,” ungkap Kasat Binmas.

Sedangkan, lanjut dia, tujuan dari perlombaan Pos Kamling adalah untuk menggali respon masyarakat dalam melaksanakan Pam-swakarsa dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat lain akan pentingnya Pos kamling dan fungsinya dalam pengamanan, sebab, Pos kamling merupakan ujung tombak pengamanan dilingkungan sehingga dianggap sangat penting.

Menurut Subiyanto, yang menjadi unsure penilaian dalam lomba Pos kamling adalah kelangkapan pejagaan seperti buku mutasi, pentungan, senter, dan cara berkomunikasi denga masyarakat dalam memediasi masalah.

“Harapanya kita, kedua lomba ini dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dalam rangkan peningkatan keamanan dilingkungan masing-masing,” tandasnya. [BOM]