Pasific Pos.com
Info Papua

Mabes TNI-Pemprov Bahas Pilkada Papua

 

Jayapura,- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bersama tim Mabes TNI menggelar rapat pengumpulan data (puldata) pilkada serentak 2018 di Gedung Sasana Karya pada Selasa (6/3/18).

Rapat puldata pilkada dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua, Hery Dosinaen dan Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Wardiyono, serta dihadiri oleh anggota Bawaslu, KPU, Kodam XVII/Cenderawasih, Lantamal, Lanud Jayapura dan Polda Papua.

Sekda dalam arahannya mengatakan, tim dari Mabes TNI tersebut sengaja datang untuk memantau persiapan pelaksanaan pilkada serentak di Bumi Cenderawasih.

“Hingga kini tidak ada laporan-laporan mendesak terkait dengan pelaksanaan pilkada serentak di Papua, di mana semua berjalan aman dan lancar sebagaimana mestinya,” katanya.

Menurut Sekda, pihaknya memastikan pilkada dapat berjalan aman dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Papua dapat menjaga netralitasnya sebagai pegawai.

Sementara itu, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Wardiyono mengatakan pihaknya meminta fungsi gakumdu dapat dimaksimalkan juga di masing-masing polres dan kajari.

“Selain itu, Polri dan TNI di wilayah Papua harus dapat melindungi pihak penyelenggara dan kandidat sesuai dengan pedoman PKPU serta tidak merugikan pihak manapun,” katanya.

Dia menambahkan jika diperlukan, TNI pun dapat mengajukan anggarannya sendiri kepada pemerintah daerah untuk pelaksanaan pilkada serentak dan hal tersebut dipayungi hukum, namun dapat pula bergabung dengan polda setempat.