Pasific Pos.com
Headline

Lukas Enembe: Papua Harus Tujuh DOB

JAYAPURA,- Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan jika pemerintah pusat ingin melakukan pemekaran di Papua, maka harus tujuh provinsi. Hal ini ditegaskan Gubernur Papua pada rapat kerja daerah (Rakerda) bupati dan wali kota di Jayapura, Rabu (15/6/2022).

“Bicara pemekaran, semua masyarakat tahu. Tahun 2015 saya sudah putuskan dan bicara kalau dimekarkan sesuai tujuh wilayah adat,” tegasnya.

Ia mengaku sejak tahun 2012 dirinya sudah menyampaikan tentang pemekaran ditanah Papua menjadi tujuh provinsi sesuai dengan wilayah adat, oleh karena itu untuk DOB Papua bisa menjadi paripurna apabila dimekarkan sekaligus menjadi tujuh Provinsi .

“Bukan dicicil 2-3 dan wajib diikuti dengan anggaran atau pembagian keuangan yang berkeadilan dan pemerintah pusat,” tandasnya.

Dirinya berharap bupati/walikota tidak asal bicara soal DOB, sebab jika hanya tiga provinsi pemekaran. Maka yang jadi korban adalah rakyat. “Jangan bupati rapat – rapat sembarang, tanya ke gubernur Papua,” tegasnya.

Sebelumnya juga, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta semua pihak mesti memikirkan dampak negatif kehadiran Daerah Otonom Baru (DOB) yang sementara didorong oleh pihak DPR RI.

Sebab hal penting yang mesti dilaksanakan adalah memberikan proteksi terhadap orang asli Papua, yang selama ini diketahui belum benar-benar maksimal dilakukan.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri mengatakan sekitar 100 DOB sementara di dorong oleh DPR RI untuk dimekarkan dimana 30 diantaranya berasal dari Papua. Upaya ini masih tertunda, karena harus disesuaikan dengan undang-undang DOB.

Gubernur juga berharap kehadiran DOB mesti benar-benar mensejahterakan masyarakat, sebab menurut pengamatannya sebagian besar dana yang digunakan akan lebih banyak terserap untuk infrastruktur.

Keberadaan DOB adaah untuk memperpendek rentang kendali pemerintahan kepada masyarakat. Karena itu, diharapkan keberadaan DOB adalah untuk mensejahteraan masyarakat bukan yang lain,”katanya.

 

Artikel Terkait

Tokopedia Bantu UMKM Papua Kantongi NIB untuk Kembangkan Bisnis Menjadi #YangLokalYangJuara

Bams

Sekda: GMKI Harapan Besar Pemerintah dan Masyarakat Papua

Bams

Ekonomi Biru Diharapkan Membawa Dampak Positif Bagi Papua

Bams

Lemhanas RI Buat Kajian Srategis Soal Papua

Bams

Pemprov Papua Apresiasi Pemberian Beasiswa Selandia Baru

Bams

Pimpin Upacara HUT RI, Lukas Enembe: Papua Harus Lebih Maju

Bams

Pencanangan 10 Juta Bendera Merah Putih Dari Timur Papua Untuk Indonesia

Bams

Pemprov Papua programkan donor untuk pastikan ketersediaan Stok Darah

Bams

2.950 Tenaga Honorer Papua lolos Verifikasi dan Validasi

Bams