Pasific Pos.com
Papua Barat

LPBH Desak Bupati Cabut Ijin Usaha Toko Eka Jaya

Manokwari, – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LPBH) Manokwari, Christian Yan Wainarussy SH, mendesak Bupati Manokwari segera mencabut ijin usaha dari Pemilik Elektronik Toko Eka Jaya yang diduga keras terlibat dalam pemasokan 1 (satu) konteiner minuman keras (miras) di Manokwari belum lama ini.

Dikatakannya hal ini penting dilakukan oleh Bupati melalui sebuah proses penegakan hukum dengan memanggil dan meminta keterangan dari Pemilik Toko Elektronik Eka Jaya tersebut serta oknum bernama Gary yang diduga sebagai pemasok.

“Ini dapat dilakukan dengan memfungsikan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Manokwari selaku Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) sesuai amanat Perda Miras dan dibawa perkaranya ke pengadilan untuk diadili dan dijatuhi sanksi. Langkah ini penting dikoordinasikan secara baik dengan Kapolres Manokwari sebagai Koordinator PPNS dalam menindaklanjuti perkara tersebut hingga ke pengadilan yang berwenang,” ujar Christian Y. Wainarussy.

Ditegaskannya, sanksi dari pengadilan kelak dijadikan sebagai dasar bagi Bupati untuk menindak tegas hingga mencabut ijin usaha dari Toko Elektronik Eka Jaya tersebut yang sudah disalahgunakan dan bersifat melawan hukum dengan menampung miras yang jelas-jelas dilarang oleh aturan perundangan yang berlaku untuk disimpan dan atau diedarkan di Manokwari dan sekitarnya.