Pasific Pos.com
Papua Selatan

Lomba Memanah Tradisional, Upaya Lestarikan Budaya

MERAUKE,ARAFURA,-Sekda Merauke, Drs.Daniel Pauta mengemukakan bahwa lomba memanah tradisional yang dilaksanakan jelang HUT RI ke-74 bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Kabupaten Merauke. Lomba tersebut melibatkan seluruh kalangan masyarakat termasuk warga yang berasal dari kampung-kampung dengan jumlah kurang lebih 250 peserta. Namun selama lomba masih berlangsung dan masih ada warga yang menyusul untuk ikut maka panitia masih membuka kesempatan dengan tetap menyesuaikan waktu yang ada. “Warga asli memang lebih familiar dengan aktifitas memanah ini karena sudah menjadi kebudayaan mereka. Oleh sebab itu cukup banyak yang antusias mengikuti lomba kali ini,”jelas Sekda kepada wartawan saat ditemui di Lapangan Maro Selasa lalu.

Menurutnya, kebudayaan masyarakat tersebut patut dihargai sehingga lomba-lomba seperti ini akan terus dipertahankan. Untuk itu dalam berbagai kesempatan, lomba memanah akan digelar rutin karena selalu disambut positif oleh masyarakat. Bahkan pernah diadakan di Distrik Malin dan peserta yang ikut cukup banyak karena lokasi lomba yang dekat dengan kampung. Tidak heran jika warga dengan penuh sukarela datang berbondong-bondong untuk ikut lomba.

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan, sejumlah kegiatan memang mulai dilaksanakan oleh panitia peringatan HUT RI yang terdiri dari berbagai lomba serta kegiatan lain yang juga digalakkan oleh warga di masing-masing kelurahan. Dalam hal ini tidak hanya sebatas kegiatan lomba saja tetapi juga kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Sebab menurut Sekda, kebersihan lingkungan perlu diperhatikan, tidak hanya pada saat peringatan hari besar nasional saja namun setiap saat lingkungan diharapkan selalu bersih.