Pasific Pos.com
Papua Selatan

Lomba ‘Dayung Tradisional’ Meriahkan Hari Jadi Merauke

MERAUKE,ARAFURA,- Peringatan Hari Jadi Kota Merauke ke 116 Tahun 2018, pemerintah daerah lebih memfokuskan pada kegiatan yang sifatnya mengangkat adat istiadat dan budaya Masyarakat Malind. Salah satunya adalah lomba dayung satu kaki. Lomba dilaksanakan di Kali Weda, Selasa (6/2).

Selain masyarakat Malind, lomba ini juga terbuka untuk masyarakat asli Papua lainnya. Sedikitnya Sembilan suku di Papua yang ada di Kabupaten Merauke dilibatkan dalam lomba tersebut. Sekali star, dipertandingkan dua peserta dengan menempuh jarak 250 meter.

“Ini perdana. Tahun ini, dalam rngka HUT Kota Merauke dari pemerintah daerah mengangkat budaya,”ungkap Wakil Ketua Panitia Hari Jadi Kota Merauke ke 116, Mayor Arm Boby kepada wartawan di sela-sela kegiatan lomba.

Lebih lanjut dijelaskan, untuk lomba tradisional lainnya yang akan dilaksanakan panitia diantaranya adalah lomba panahan tradisional, tangkap babi, gulat bob dan hoki hainan. Kemudian, akan digelar juga karnaval atau festival budaya.

“Supaya masyarakat tahu, di Merauke ternyata punya adat istiadat. Bagaimana cara tangkap babi, cara panahan. Ini jadi event tahunan, karnaval semua memakai pakaian adat budaya sesuai etnis masing-masing,”terangnya.

Ditambahkan, melalui kegiatan yang dilaksanakan pemerintah ingin mengangkat Merauke sehingga punya ciri khas. Bahkan, Bupati juga sudah mengundang para tamu dari luar untuk menyaksikan festival budaya, sehingga Merauke bisa menjadi salah satu destinasi wisata.