Pasific Pos.com
Kabupaten Jayapura

LMR-RI Dukung Program Pemda untuk Atasi Persoalan Sampah

SENTANI – Lembaga Missi Reaclesserring-Republik Indonesia (LMR-RI) Komando Wilayah (Komwil) Papua sebagai sebuah lembaga yang berasal dari rakyat dan dalam karya nyatanya harus berada ditengah-tengah masyarakat maka tidak ada salahanya jika selalu aktif memberikan dukungan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) baik Provinsi Papua maupun Kabupaten Jayapura untuk mengatasi masalah kebersihan atau persampahan di Kota Sentani.

Demikian diungkapkan Komandan LMR-RI Komando Wilayah Papua, Imam Syafi’i, S.E., ketika menjawab pertanyaan wartawan harian ini di sela-sela kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) diseputaran Pasar Pharaa Sentani, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (9/2/18).

Dikatakan, persoalan sampah menjadi persoalan yang kompleks, sehingga LMR-RI perlu aktif mendukung program-program Pemerintah Provinsi Papua dan juga memberikan dukungan penuh terhadap program-program Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Jadi, kegiatan baksos ini sudah seperti biasa kegiatan rutin dari LMR-RI. Kita juga harus aktif memberikan dukungan penuh kepada program-program dari Pemprov Papua dalam hal ini gubernur dan juga Pemkab Jayapura dalam hal ini bupati beserta jajarannya untuk mengatasi masalah sampah di Kota Sentani ini,” ungkapnya.

Menurutnya, masalah sampah ini merupakan tanggung jawab bersama. Apalagi situasi cuaca akhir-akhir ini yang tidak menentu dan persoalan sampah yang ada disni seperti tidak di urus dengan baik.

“Ini (sampah) bukan berarti tanggung jawabnya pemerintah saja. Tetapi, tanggung jawab kita bersama baik masyarakat, LMR-RI dan juga saya selaku pimpinan LMR-RI,” tuturnya.

Dirinya menyampaikan, kepada seluruh masyarakat baik itu para pedagang, pembeli maupun yang beraktivitas di Pasar Pharaa Sentani agar turut peduli dengan masalah sampah.

“Apabila terjadi hujan dengan intens tinggi maka rawan banjir. Kita juga banyak lihat bahwa mereka sendiri yang buang sampah, malah mereka yang ngomong sendiri ‘adoh sampahnya bau sekali’. Inilah yang bagi kami tidak adanya kepedulian dari masyarakat terhadap kebersihan lingkungan khususnya di Pasar Pharaa Sentani,” ucapnya.

Imam menjelaskan, pihaknya telah sampaikan kepada Bupati Jayapura akan membuat posko-posko pengendalian sampah yang intinya ingin membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah sampah tersebut.

“Kami harap pemerintah dapat bekerjasama untuk membuat posko-posko pengendalian sampah dan kemudian bisa menempatkan sejumlah anggota Satpol-PP bersama anggota LMR-RI untuk menjaga warga yang suka membuang sampah sembarangan,” jelasnya.

“Sebab kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Sehingga dengan adanya posko-posko pengendalian sampah itu, maka petugas selalu menegur bahkan bisa memberikan sanksi secara langsung bagi yang kedapatan membuang sampah sembarangan,” lanjutnya.

Ditambahkan, LMR-RI hingga saat ini masih tetap aktif dan apalah artinya anggota LMR-RI menggunakan pakaian seragam bagus dan gagah yang diberikan oleh negara. Tetapi, LMR-RI tidak punya komitmen untuk membantu masyarakat.