Menu

Line 1

Custom Search

Kabupaten Jayapura Siap Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

  • Ditulis oleh Super User
Penilaian: Rating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star BlankRating Star Blank / 0
TerburukTerbaik 
Bupati Mathius
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE. M, Si

 

SENTANI – Kabupaten Jayapura sebagai salah satu dari sekian kabupaten/kota di Papua yang menyatakan siap mendukun program Pemerintah Pusat untuk menurunkan emisi gas rumah kaca di daerah ini seiring dengan maraknya terjadi pemanasan global.
Demikian disampaikan, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si usai membuka, Lokakarya Pembangunan Rendah Emisi hasil pencapaian kegiatan aksi mitigasi lokal, pemantauan dan evaluasi di Kabupaten Jayapura, tahun 2013-2017 di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Rabu (17/5) lalu.

Bupati Mathius mengatakan, kesiapan Kabupaten Jayapura untuk program rendah emisi mulai di lakukan sejak tahun 2013 di dua kampung di wilayah pesisir teluk tanah merah yakni Kampung Doromena dan Kampung Yepase yang kini telah memasuki tahap pengembangan.
Untuk itu, kepada semua pihak yang berkompeten baik intansi pemerintah, swasta maupun lembaga donor yang mengambil konsentrasi dalam upaya penurunan emisi supaya bersatu membangun kerjasam supaya kedepan Kabupaten Jayapura menjadi kabupaten dengan rendah emisi.
“Kepada masyarakat di dua kampung yang telah di jadikan percontohan supaya memberikan dukungan serta meningkatkan program rendah emisi yang sudah di rintis oleh lembaga donor,” imbuh Bupati Jayapura
Ditempat yang sama, pimpinan ICRAF Indonesia, Suyanto, PhD menjelaskan, penururnan emisi gas rumah kaca yang merupakan bagian dari rencana aksi mitigasi dalam perencanaan pembangunan rendah emisi atau disebut juga pembangunan hijau tengah digaungkan di berbagai daerah di Indonesia.
Disebutkan, untuk wilayah timur Indoensi khususnya Provinsi Papua, ada tiga kabupaten yang menjadi fokus penerapan program rendah emisi yakni Kabupaten Jayapura, Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Merauke. Khusus Kabupaten Jayapura di titik beratkan pada dua kampung yakni Kampung Dormena dan Kampung Yepese Distrik Yokari.
“Pembangunan daerah dan penirirnan emisi karbon wajib kita capai. Percuma ekonomi daerah bertumbuh kalau alam kita berantakan dan hancur. Tentu harapan itu ada melalui sinergi pembangunan dengan perbaikan komplemen-komplemen lingkungan yang diakomodir pemerintah melalui dokumen perencanaan,” sebut Suyanto.
Menurutnya, dalam proses penyusunan dokumen perencanaan, masing-masing daerah perlu memiliki langkah-langkah strategis dengan pengarusutamaan rencana aksi-aksi mitigasi kedalam RPJMD,” pungkas Suyatno.

  • No comments found

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
Info for bonus Review bet365 here.