Pasific Pos.com
Papua Selatan

Lidya Bersyukur Iuran Dibantu Program Donasi

MERAUKE,ARAFURA,- Program donasi Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah salah satu program yang dicanangkan dari BPJS Kesehatan dalam menggerakan partisipasi publik. Melalui kegiatan berbagi dan berperan aktif mendaftarkan masyarakat sekitar, lingkungan atau lingkungan perusahaan/organisasi yang membutuhkan uluran tangan, untuk terdaftar ke dalam Program JKN-KIS. Lidya Nur Imamah adalah salah satu peserta JKN-KIS telah merasakan manfaat dari pemberian donasi. Selain bagi diri sendiri donasi ini juga bermanfaat bagi keluarga.

Awalnya Lidya termasuk peserta PBPU/mandiri namun karena keterbatasan biaya, ia tidak mampu lagi membayar iuran rutin setiap bulan. Saat ditemui tim Jamkesnews belum lama ini, Lidya mengungkapkan bahwa berkat donasi ia benar-benar terbantu dan merasakan manfaat dari menjadi peserta BPJS Kesehatan. Ia sangat bersyukur karena dengan adanya Program JKN-KIS dapat merasakan pelayanan kesehatan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. “Kondisi keuangan keluarga kami yang tidak memungkinkan saat itu sehingga akhirnya memutuskan dari kepesertaan mandiri beralih ke PBI,” katanya.

Lidya menambahkan, banyak manfaat yang diterima selama menjadi peserta JKN-KIS terlebih untuk urusan biaya pengobatan. Tidak hanya dirinya namun manfaat tersebut turut dirasakan oleh sang suami yang harus menjalani pengobatan di luar daerah. “Suami saya saat itu harus dirujuk ke salah satu rumah sakit yang ada di Surabaya. Rumah sakit tersebut langsung menanyakan tentang kepesertaan kami dan langsung dilayani serta mendapat banyak kemudahan. Sebab kalau kita ingin membayar dengan dana sendiri tentu saja tidak akan mampu. Untunglah pihak rumah sakit meminta kartu kepesertaan JKN-KIS kami sehingga suami dapat menjalani pengobatan tanpa harus terbebani dengan biaya. Puji Tuhan kami dilayani dengan sangat baik dan kami sangat berterima kasih karena sebagai masyarakat kecil sudah dibantu,” ujar Lidya.