Pasific Pos.com
Papua Tengah

Lewat Mubes Adat, Alex Raiki Nahkodai Suku Wate

NABIRE – Melalui Musyawarah Besar (Mubes) Adat I Suku Wate Kabupaten Nabire dan lewat pemilihan Kepala Suku Wate secara langsung dan demokratis, Alex Raiki berhak menahkodai atau dinobatkan sebagai Kepala Suku Wate, Nabire tahun 2018.

Disahkan dan dinobatkan Alex Raiki sebagai Kepala Suku Wate ini disaksikan langsung pemerintah daerah, dalam hal ini Bupati Nabire yang diwakili Sekda Nabire Drs. I Wayan Mintaya, yang juga menutup serangkaian kegiatan Mubes Suku Wate dan anggota DPRP John NR Gobai, selaku Dewan Adat Paniai dan Herman Sayori, Ketua Dewan Adat Nabire serta undangan lainnya.

Pantauan media ini, kegiatan Mubes I Adat Suku Wate yang dibuka langsung oleh Bupati Nabire Isaias Douw, S.Sos,MAP, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Mubes I Suku Wate, Otis Money, S.Sos.,M.Si, dan sambutan dari Plt Kepala Suku Wate Daniel Mandiwa, sejak pagi hingga malam hari ini berjalan lancar, sukses, aman dan demokratis.

Sesuai harapan, tujuan dan sasaran dari pihak panitia, masyarakat dan perwakilan adat Suku Wate, untuk memilih kepala suku umum besar Wate, terciptanya kepemimpinan yang sehat di dalam organisasi suku Wate, membuka pola pikir masyarakat Wate agar lebih maju menjadi wadah yang dapat melayani masyarakat Kabupaten Nabire yang membutuhkan pelayanan dan mewujudkan Badan Musyawarah Adat Suku Wate (BMASW) yang bermartabat kiranya akan diupayakan dengan terpilihnya Alex Raiki sebagai Kepala Suku Besar Suku Wate.

Hal ini seperti terang Alex Raiki, kepada sejumlah awak media di daerah ini usai penutupan Mubes Adat Suku Wate yang dilaksanakan di Guest House Jalan Merdeka Nabire, Selasa kemarin.

Jelas Alex Raiki, perlu dilakukan pembenahan dalam kepemimpinan dalam hal-hal yang sifatnya bisa diterima oleh seluruh masyarakat suku Wate serta warga lainnya yang ada di daerah ini.

Dan tentunya juga ikut mendukung dan dapat membantu program pembangunan pemerintah daerah yang berhubungan dengan adat sesuai tema yang diusung dalam kegiatan tersebut, yakni ‘Biarkan Kami Berdiri Tegak Diatas Tanah Leluhur Yang Dititipkan’.

Demikian ini juga harapan yang disampaikan perwakilan DPRP Papua John Gobai. “Kami harap dengan adanya pemimpin atau terpilihnya kepala suku Wate yang sangat luar biasa dan demokratis ini dapat membawa perubahan kedepan yang lebih baik lagi, khususnya untuk masyarakat Suku Wate yang ada di daerah ini,” tandas John.(wan)