Pasific Pos.com
Papua Selatan

Lelang Jabatan Kepala Sekolah, ‘Sejumlah SD Belum Ada Peminat’

MERAUKE,ARAFURA,- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan lelang jabatan kepala sekolah TK, SD dan SMP di Kabupaten Merauke sampai saat ini sudah memasuki tahap seleksi. Tetapi masih ada beberapa sekolah di tingkat SD yang belum ada peminatnya. Hal ini dikarenakan pada saat pembukaan pendaftaran sekolah dalam persiapan ujian.

“Kalau memang sampai waktu yang ditentukan belum ada peminatnya, maka kami akan mengangkat guru kontrak yang terbaik yang ada di sekolah tersebut,” ucapnya di Kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Merauke, Senin (25/6) lalu.

Sementara untuk SMP tidak ada masalah. Pasalnya, banyak peminat yang ikut mendaftar untuk mengikuti seleksi lelang jabatan kepala sekolah. “Sesuai permintaan Bupati diharapkan dalam satu sekolah ada tiga calon yang mengikuti seleksi. Kita juga terus melakukan koordinasi dengan Bupati,” jelasnya.

Ia megatakan, seleksi kepala sekolah hanya dilakukan bagi sekolah negeri dan Inpres. Sementara untuk sekolah yayasan dikembalikan kepada yayasan. Tetapi pihak yayasan tetap melaporkan calon kepala sekolah kepada pihaknya untuk mempertimbangkan guru tersebut. “Di bawah seratus, karena sisanya merupakan sekolah yayasan,” tandasanya,

Ia berharap, dengan melakukan lelang jabatan kepala sekolah, mereka dapat menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh dan tulus sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat mengenai kepala sekolah yang tidak berada di tempat tugas, serta siswa juga dapat menjalankan proses belajar mengajar di kelas dengan baik.