Pasific Pos.com
Headline

Legislator : Rektor Uncen Harus Transparan Soal MoU Dengan Polda Papua

“Kalau Tidak Ada Tujuan Apa apa, Sebaiknya Dicabut Saja”

 

Jayapura, – Anggota Komisi I DPR Papua, bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Laurenzus Kadepa meminta agar Rektor Uncen transaparan kepada mahasiswa Uncen memgenai isi MoU bersama Polda Papua yang sudah disepakati, pada Rabu (7/3/18).

“Rektor Uncen ini harusnya menjelaskan hasil MoU dengan pihak Polda Papua, tujuan dari MoU itu apa supaya publik juga tahu isinya apa, khususnya kepada mahasiswa Uncen, sehingga tidak terjadi konflik seperti yang terjadi hari ini. BEM Uncen telah melakukan pemalangan di kampus Universitas Cenderawasih Jayapura, ” kata Laurenzus Kadepa kepada Pasifik Pos di Jayapura, Kami (8/3/18).

baca, Mahasiswa Tuntut Pencabutan MOU Rektor Uncen Dengan Polda Papua

Menurut legislator Papua ini, seharusnya Rektor Uncen lebih dulu mempertimbangkan kembali MoU yang sudah disepakati, karena kalau tidak hati-hati konflik pun terjadi.

“Sekarang kita lihat belum apa-apa mahasiswa sudah memelang pintu masuk kampus Uncen. Baik Uncen bawah maupun Uncen atas. Ini dipicu lantaran Rektor Uncen telah melakukan MoU dengan Polda Papua, yang tidak diketahui isi dan tujuannya oleh Mahasiswa Uncen itu sendiri, ” ungkapnya.

Meskipun kata Kadepa, hal ini akan membawa dampak yang positif bagi Uncen, namun dari hasil pengamatan, ini merupakan hal yang baru terjadi yang dilakukan oleh Rektor Uncen.

“Karena pada dasarnya militer baik itu TNI/Polri tidak bisa mengintervensi mahasiswa dalam hal ini lembaga pendidikan, kecuali ada peristiwa yang merugikan kampus. Seperti berupa ancaman sehingga pihak kampus bisa meminta bantuan kepada pihak keamanan, ” jelasnya.

Oleh sebab itu lanjut Kadepa, MOU ini patut di pertanyakan oleh berbagai kalangan dan ini akan menjadi sorotan, bukan hanya dari mahasiswa tetapi dari masyarakat juga akan mempertanyakan hal tersebut.

“Rektor Uncen juga harus menjelaskan untuk apa MOU ini dibuat dan kalaupun tidak ada tujuan apa- apa di balik penandatanganan MOU, ya sebaiknya dicabut saja karena ini jugakan bertentangan dengan kehendak mahasiswa,” tandas Kadepa.

Akibat dampak dari kerja sama MOU Uncen dengan pihak Polda Papua, maka mahasiswa akan mengelar aksi palang kampus yang akan berlangsung beberapa hari ke depan. Ini sebagai bentuk penolakan kerjasama Uncen dengan Polda Papua. (TIARA)