Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Legislator Papua Minta Setiap Kegiatan Mitra Harus Libatkan DPRP

Legislator Papua
Anggota Komisi V DPR Papua, Decky Nawipa

Jayapura, – Anggota Komisi V DPR Papua yang membidangi Pendidikan, Kesehatan, Olahraga dan Sosial, Decky Nawipa mengimbau, kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja Komisi V DPR Papua, harus melibatkan DPR Papua dalam setiap kegiatan maupun pertemuan yang membahas tentang baik itu Pendidikan, Kesehatan maupun lainnya.

Kata Decky Nawipa, hal itu dimaksud agar DPRP bisa melakukan fungsinya sebagai pengawas atas setiap kebijakan yang diambil oleh mitra kerja. Sehingga kedepannya tidak saling menyudutkan dan menyalahkan jika terjadi pertemuan seperti saat ini.

“DPR ini ada tiga fungsi yakni pengawasan, anggaran dan legislasi. Sehingga setiap program yang dibuat oleh OPD kami wajib ada atau setiap kegiatan harus libatkan DPR. Dengan maksud agar fungsi pengawasan ada disitu,” kata Decky Nawipa kepada sejumlah awak media di Hotel Horison Kotaraja, Kamis (11/6).

Menurut Politisi Partai Berkarya ini, dengan dilibatkannya DPRP dalam setiap kegiatan mitra kerja, pihaknya juga dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, tegas Decky Nawipa, kedepan jika ada mitra kerja Komisi V yang tidak melibatkan pihaknya dalam setiap kegiatan, maka pihaknya akan memboikot mitra tersebut.

Bahkan lanjut Decky Nawipa, pihaknya juga tidak akan mengundang mitra tersebut dalam rapat evaluasi maupun pembahasan sidang APBD.

“Saya ini sudah dua periode menjadi anggota DPRP, komunikasi dengan OPD tidak pernah terjalin. Mitra kerja sendiri kita dewan juga jalan sendiri. Sehingga mau sidang atau rapat mitra baru kita saling bertanya,” bebernya.

Padahal kata Decky Nawipa, rapat dengan mitra itu bersifat evaluasi. Mana yang menjadi rekomendasi DPRP dan OPD.

“Tapi kita tidak bisa mendikte, itu bukan momentnya. Sehingga saya secara pribadi dalam program apapun harus libatkan dewan. Apapun persoalannya keterlibatan dewan harus ada disitu,” tegas legislator Papua ini.

Artikel Terkait

Ketidakpercayaan Antara Pemerintah Pusat dan Daerah Dinilai Masalah Utama Papua

Tiara

Tingkatkan Kebersamaan, Sekwan dan Anggota DPR Papua Beri Bantuan Hewan Qurban

Tiara

Reses di Keerom, Yunus Wonda Beri Bantuan Kepada Warga Jemaat Gidi El-Bethel Arso

Tiara

Yunus Wonda : Tidak Ada Regulasi Yang Mengharuskan Bupati atau Wabup OAP

Tiara

Reses di Dua Kampung, Yunus Wonda Serap Aspirasi

Tiara

Yunus Wonda : DPRP dan MRP Hanya Sebagai Fasilitator, Bukan Pengambil Keputusan

Tiara

Tiga Tahun Nasibnya Digantung, Moker PT Freeport Desak DPR Papua Bentuk Pansus

Tiara

LKPJ Gubernur 2019, Resmi Diserahkan Kepada DPR Papua

Bams

Reses Di Tengah Pandemik Covid-19, DPR Papua Akan Bersurat Kepada Pemkab/Pemkot

Tiara