Pasific Pos.com
Sosial & Politik

Legislator Ingin, Anak Papua Lainnya Diberi Ruang Eksis Dalam Kepolisian RI

John Gobai: Bintang Dua di Pundak PW, Sudah Waktunya Tiga Bintang

 

Jayapura, – Kembalinya Irjen Pol Paulus Waterpauw menjabat sebagai Kapolda Papua, nampaknya menjadi perhatian salah satu Anggota DPR Papua, John NR Gobai.

Menurut, John NR Gobai, mestinya anak Papua yang ada di institusi Polri tidak harus dimutasikan tapi dipromosikan juga.

“Hari ini Paulus Waterpauw tiba di Papua untuk kedua kalinya jadi Kapolda. Catatan saya, dia ini kali keempat jadi Kapolda di tiga provinsi. Sebagai anak Papua yang dalam UU Otsus kita mengatur tentang kepolisian, saya juga ingin agar anak Papua lainnya diberi ruang eksis dalam kepolisian RI,” tandas Gobai dalam pesan singkatnya kepada Pasific Pos, Selasa (1/10/19).

Bahkan kata Gobai, ia merasa ada sesuatu yang janggal dan ada pengabaian hak orang asli Papua yang punya hak sama dengan anak-anak lain.

“Saya bilang janggal, karena bagi saya bintang dua di pundak PW sudah waktunya 3 bintang. Mestinya bukan dimutasi pada jabatan sama yang pangkatnya 3 bintang, tapi mestinya dipromosikan jadi Komjen di Mabes Polri,” kata John Gobai.

Gobai menandaskan, apakah haram hukumnya orang asli di pundaknya ada tiga bintang atau empat bintang.

Untuk itu, ia berharap Presiden RI Jokowi dan Kapolri memberikan promosi kepada Paulus Waterpauw apakah Kabareskrim atau jabatan lainnya di Mabes Polri.

“Kapolda Papua juga mesti dijabat orang asli Papua lainnya yakni Petrus Waine. Jangan mutasi dong, mestinya orang asli Papua yang jadi polisi itu bukan dimutasi tapi promosi,” tekannya. (TIARA)