Pasific Pos.com
Ekonomi & Bisnis

Layanan Data Telkomsel Naik 22,3 Persen Selama Lebaran

 

JAYAPURA – Trafik layanan data Telkomsel mencatatkan kenaikan data tertinggi pada H-1 lebran menjadi 12,89 Petabyte atau meningkat 22,3 persen jika dibandingkan dengan trafik layanan data pada hari normal.

Begitu pula pada periode lebaran tahun lalu mengalami kenaikan sekitar 109 persen. secara persentase, wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta , Jawa Timur serta Bali dan Nusa Tenggara mengalami peningkatan penggunaan layanan data tertinggi secara nasional, menembus angka 3,77 Petabyte.

Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan mengaku bersyukur dapat melayani pelanggan dan masyarakat dengan baik mulai dari awal Ramadhan hingga puncak Lebaran.

Kualitas, kapasitas dan jangkauan jaringan, kata Bob, tetap dioptimalkan hingga berakhirnya masa libur Lebaran dan seterusnya sehingga pelanggan bisa selalu berkomunikasi dengan nyaman.

Dia menambahkan, penggunaan layanan data pada momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik.

Seperti Alun-alun Limbangan Garut, Stasiun Bandung, Pasar Turi Baru Surabaya, Gerbang Tol Ciledug Tangerang, dan terminal Leuwipanjang Bandung. Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi – lokasi wisata yang dipadati pengunjung diantaranya Batu Karas Pangadaran, Ciwidey Bandung, Lembang Bandung, Kota Bunga Puncak dan Pantai Santolo Garut.

Dari sisi layanan, media sosial menjadi kontributor tertinggi penggunaan layanan data Telkomsel pada momen Lebaran dengan 33,7 persen, diikuti video streaming 31,3 persen dan layanan pesan instan 14,1 persen.

Trafik layanan suara di jaringan Telkomsel pada momen Lebaran tahun ini tercatat mengalami penurunan sebesar 9,8 persen dibanding hari normal menjadi sekitar 1,29 miliar menit.

“Sedangkan trafik layanan SMS pada puncak lebaran menjadi 594 juta SMS atau turun 2,1 persen ketimbang hari normal. Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai 99,82 persen, 99,83 persen dan 98, 46 persen, “paparnya.

“Yang berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar, “kata Boy menambahkan, Kamis (21/6/2018).

Sementara itu, di Regional Papua dan Maluku, data payload sebesar 371 Terabyte, dibandingkan peak Lebaran 2017, naik sebesar 87,67 persen.

General Manager ICT Operation Telkomsel Regional Papua Maluku, Muhammad Idham Kadir mengatakan, trafik voice sebesar 49,23 juta menit, naik 26,43 persen dibandingkan peak Lebaran 2017.

Sedangkan traffic SMS sebesar 16,62 juta SMS atau turun 30,19 persen dibandingkan Peak Lebaran 2017.